Handphone motivasi positif bagi siswa Mila merupakan murid yang rajin dan pandai di sekolahnya. Ia mendapatkan juara umum di SMP



Contoh Cerpen Tugas Bahasa Handphone motivasi positif bagi siswa SMP N 2 Singkawang
Handphone Nokia

Handphone motivasi positif bagi siswa
Mila merupakan murid yang rajin dan pandai di sekolahnya. Ia mendapatkan juara umum di SMP Negeri 2 Singkawang. Mila mempuyai bakat yang multi talent. Pantas saja ia disukai oleh teman-temannya di sekolah dan menjadi idola dari adik kelasnya. Ia juga pernah mendapatkan juara satu dalam sebuah karya membuat vidio atau film pendek khusus remaja dengan tema “perilaku menyimpang dari remaja”. Saat ini banyak remaja yang melakukan hal-hal yang tidak baik di luar pengawasan orang tuanya. Contohnya meminum minuman keras, narkoba, ngelem, dan lain sebagainya. Ditambah pula dengan nongkrong di warnet hingga larut alam hanya untuk main game dan sosmed.

Pada suatu hari Mila di panggil oleh Bapak Kepala Sekolah, yaitu Pak Idrus, S.Pd. Kemudian Mila pun menemui Bapak Kepala Sekolah di ruangannya. Saat itu Bapak Kepala Sekolah sedang membaca surat kabar “Tribun Pontianak.” Mila pun mengetuk pintu ruagan Bapak Kepala Sekolah.
“Tok... tok... tok...”, Mila mengetuk pintu ruangan Bapak Kepala Sekolah.
“Silakan masuk”, ucap Pak Idrus dari dalam. Kemudian Mila pun masuk ke dalam.
“Silakan duduk, Mila”, kata Pk Idrus sambil mempersilakan Mila duduk.
“Terima kasih, Pak”, jawab Mila sambil duduk dikursi empuk yang berwarna coklat tua.
“Maaf, Pak... Apakah bapak memanggil saya?”, tanya Mila kepada Pak Idrus.
“Iya, Mila. Begini, apakah kamu sudah mendapat kabar dari teman-temanmu atau wali kelasmu Bu Linda mengenai perlombaan membuat vidio pendek berdursi 7-10 menit dalam rangka Hari Sumpah Pemuda Kota Singkawang. Dan acaranya kali ini se Kota Singkawang dan berkategori SMP, SMA, SMK, sederajat. Batas pengumpulannya pada bulan ini yaitu 25 Oktober sebelum hari Sumpah Pemuda. Dan untuk pemenangnya akan mendapatkan hadiah utama 5 juta rupiah serta piagam. Pengumuman bagi pemenang pada tanggal 28 Oktober pada saat upacara di halaman Kantor Wali Kota Singkawang.” Ucap Pak Idrus kepada Mila.
“Jadi, maksud bapak saya harus ikut dalam lomba tersebut?”, tanya Mila kepada Bapak Kepala Sekolah.
“Ya, jelaslah Mila. Ini peluang bagi kamu untuk menonjolkan bakat yang kamu miliki. Kamu membawa nama baik sekolah dan nama baikmu sendiri, Mila. Teman-temanmu pasti bangga dengan dirimu. Begitu juga dengan orang tuamu, karena engkau akan mendapatkan juara nantinya.”, kata Pak Idrus memotivasi Mila, agar ia ikut dalam acara lomba tersebut.      
“Amin yarabbal alamin”, jawab Mila.
“Tapi Pak, apa temanya dari lomba tersebut?:, tanya Mila kembali sambil membetulkan duduknya.
“Temanya adalah handphone motivasi positif bagi siswa”, jawab Pak Idrus kepada Mila.
“Iya, Pak”, jawab Mila.
“Kamu kan ada handphone, jadi gunakanlah handphone mu itu pada jalan yang benar. Kembangkanlah hobby mu itu dalam dunia edit megedit, baik itu mengedit vidio atau pun mengedit poto keluarga atau temanmu. Kamu akan mendapatkan income dari hasilmu itu nantinya. Begitu juga dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Kamu juga bisa mencari data dari internet untuk menyelesaikan tugasmu. Apakah kamu melakukannya sepertiitu,hingga kamu menjadi pandai dan pintar? Wawasanmu luas sekali, Mila. Hingga kamu selalu menjadi juara.
“Iya Pak”, jawab Mila singkat.
“kalau begitu, saya permisi Pak. Saya ke kelas dulu, Pak”, tambahnya.
“Iya silakan, Mila.
“Assalamualaikum, Pak”, ucap Mila.
“Waalaikum salam”, jawab Bapak Kepala Sekolah kepada Mila. Dan Mila pun keluar menuju kelasnya yang tidak jauh dari ruang perpustakaan sekolah.      



1.      Tema                 :      Handphone motivasi positif bagi siswa
2.      Watak tokoh     :      rajin, ulet, dan pintar
3.      Tokoh                :      mila dan pak idrus                     
4.      Alur                   :      maju
5.      Latar                  :      sekolah dan ruang bapak kepala sekolah
6.      Sudut pandang :      orang pertama
7.      Gaya bahasa      :      penggunaan bahasa baku
8.      Amanat             :      gunakanlah handphone dengan baik dan benar

7 unsur dalam cerpen atau novel: tema, tokoh atau penokohan, alur, latar atau setting, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat


Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours