Penggunaan gadget yang baik dan benar Pada hari ini merupakan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pak Mistur merupakan guru favorit



Cerpen Tugas Bahasa Indonesia "Penggunaan handphone yang baik" SMP 2 SINGKAWANG
handphone

Penggunaan gadget yang baik dan benar
Pada hari ini merupakan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pak Mistur merupakan guru favorit di SMP Negeri 3 Sekadim. Karena ia gurunya lucu dan baik hati serta tidak sombong. Anak-anak sangat suka kepadanya. Anak-anak sudah tidak sabar menungu Pak Mistur untuk mengajar mereka. tidak lama kemudian Pak Mistur pun terlihat dari kejauhan.
“Kawan-kawan Pak Mistur sudah datang”, ucap Andi yang sedang mengintai Pak Mistur dari balik pintu.
“Yang benar saja, An...?”, tanya Mira kepada Andi sambil mendekatinya.
“Ooo iya, ya... Kamu benar An”, tambah Rusli yang sejak dari tadi dibelakang Andi.   
“Ayo cepat, kita sambut kedatanan Pak Mistur. Agar ia semakin semangat mengajar kita”, ucap Mira kepada teman-temannya.
Kemudian mereka menuju tempat duduk mereka masing-masing. Tidak lama kemudian Pak Mistur pun masuk ke kelas. Dengan wajah yang sumringah Pak Mistur ingin menyapa murid-muridnya yang cantik dan ganteng-ganteng itu. Namun, sebelum sempat Pak Mistur menyapa murid-muridnya. Murid-muridnya terlebih dulu menyapa atau mengucapkan salam kepada Pak Mistur.
“Selamat siang, Pak”, ucap murid-muridnya serempak.
“Selamat pagi anak-anak”, jawab Pak Mistur.
“Apa kabarnya kalian di hari ini?”, tambahnya.
“Baik Pak”, jawab muridnya serempak.  
“Baiklah sekarang buka buku kalian halaman 15 materinya tentang organ tubuh manusia”, ucap Pak Mistur kepada murid-muridnya.
Murid-murid Pak Mistur pun membuka buku mereka dengan semangat. Terlebih-lebih lagi si Andi atau pun Mira serta Rusli. Ketiga siswa tersebut merupakan anak murid kesayangan dari pak Mistur. Karena ketiga anak terseut rajin dan pintar serta baik hati. Mereka sopan dengan guru, sopan dengan orang tua serta abang dan kakak mereka. mereka patuh akan nasehat guru serta orang tuanya. Mereka juga suka membantu teman yang sedang kesusahan.
“Anak-anak, pada materi ini... apakah ada kalian yang masih belum mengerti? Jika kalian masih belum paham dengan materi ini, maka kalian bapak beri kesempatan untuk bertanya. Jika kalian tidak ada yang bertanya, maka bapaklah yang akan bertanya kepada kalian”, ucap Pak Mistur kepada murid-muridnya. Murid-muridnya hanya diam mendengar Pak Mistur bicara.  
“Ada Pak... Saya mau tahu tentang fungsi dari ginjal, Pak?”, tanya Andi kepada Pak Mistur.  
“Oh, ginjalnya... fungsi dari ginjal, ya Andi?”, kata Pak Mistur kepada Andi sambil mendekatinya.
“Apakah kalian ke sekolah membawa handphone?”, tanya Pak Andi kepada murid-muridnya.   
“Kemaren kan kalian sudah saya suruh untuk membawa handphone”, tambah Pak Mistur.
“Iya Pak, kami ada membawa handphone Pak. Tapi untu apa handphone tersebut Pak? Sedangkan yang kami tahu membawa handphone ke sekolah atau ke dalam kelas itu sangat dilarang Pak. Dan bahkan bisa-bisa handphone kami disita oleh guru.
“Itylah kalian, kalian tidak tahu untuk menggunakan handphone dengan baik dan benar. Khususnya pada hari ini, kenapa saya suruh kalian untuk membawa handphone ke dalam kelas? Karena materi yang akan saya berikan akan mudah kalian dapatkan di internet. Sekarang serba canggih,materi banyak sekali di internet. Apa pun ada, mulai dari yang jahat hingga yang baik,mulai dari ilmu hitam hingga ilmu putih. Mulai dari ilmu pendidikan hingga ilmu pertanian dan lain sebagainya”, ucap Pak Mistur.
“O begitu ya Pak.. jadi handphoen ini bisa menjadikan kita pintar Pak. Bisa menjadikan kita pandai Pak?”, jawab Andi.
“Ya kamu benar Andi.maka dari itu,gunakanlah handphone mu untukkebaikan danmencari berbagai informasi di internet,bukan hanya buat chat-an, WA-an, BBM-an, FB-an, dan lain sebagainya. Jika begitu kalian saya beri tugas saja, ya.bapak mau rapat dulu”, ucap Pak Mistur.
Kemudian Pak Mistur pun memberi tugas murid-muridnya. Setelah memberi tugas, Pak Mistur meninggalkan ruang kelas 9 B tersebut menuju ruang rapat di kantor. Sedangkan guru-guru yang lain sudah lama menunggu Pak Mistur.   
Keterangan:
1. Tema : Penggunaan gadget yang baik dan benar. 2. Watak tokoh : rajin, ulet, dan pintar 3. Tokoh : Pak Mistur, Andi, Mira, dan Rusli. 4. Alur : maju 5. Latar : sekolah dan ruang kelas. 6. Sudut pandang orang pertama 7. Gaya bahasa : penggunaan bahasa baku 8. Amanat : gunakanlah handphone dengan baikdan benar untuk mendapatkan ilmu dan informasi. Dan jangan gunakan handphone yanga untuk Wa-an, Fb-an, chat-an, bbm-an, dan lain-lainnya.
Share To:

Unknown

Post A Comment:

0 comments so far,add yours