Pantai Gosong, merupakan salah satu pantai yang berlokasi di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Jika kita mendengar dari



Panorama Pantai Gosong yang Tersembunyi-Bengkayang
Panorama Pantai Gosong
Panorama Pantai Gosong yang Tersembunyi: Singkawang-Bengkayang.
Terkadang jika terdapat tanggal merah, yang terlintas dipikiran kita adalah untuk berlibur. Tapi, kita bingung, kemana kita akan berlibur? Semua tempat sudah Anda kunjungi. Semua rumah makan atau pun kolam renang sudah Anda datangi. Mungkin Anda belum pernah berkunjung ke sebuah pantai yang tidak jauh dari pusat Kota Singkawang. Pantai Gosong namanya. Apakah Anda bersama keluarga atau pun teman-teman pernah ke Pantai Gosong?   

Pantai Gosong, merupakan salah satu pantai yang berlokasi di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan Kabupaten Bengkayang. Jika kita mendengar dari namanya “Pantai Gosong”, mungkin kawan-kawan berpikir bahwa pantai ini berwarna hitam semuanya. Kenyataannya tidak demikian, sebenarnya pantai ini tidak gosong sebagai mana namanya “gosong” dalam artian “hangus”. Konon berdasarkan cerita yang beredar di masyarakat setempat dan sekitarnya, ditempat ini “Pantai Gosong” pernah mengalami kebakaran. Kebakaran ini terjadi beberapa tahun silam disebabkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu  pantai tersebut dijuluki oleh orang-orang dengan nama “Pantai Gosong”.

Pantai Gosong yang berdekatan dengan muara sungai, membuat air di sekitar Pantai Gosong sangat keruh. Ditambah lagi dengan warnanya yang abu-abu pekat. Untuk masyarakat Kota Singkawang dan sekitarnya, mungkin banyak yang sudah mengetahui adanya Pantai Gosong ini. Namun karena belum tertata dengan rapi, maka hanya sedikit orang yang datang ke pantai ini. Ditambah lagi dengan kondisi airnya yang berlumpur membuat orang enggan ke Pantai Gosong ini.

Pola pikir masyarakat semacam itu yang harus kita rubah. Agar mereka bisa datang ke Pantai gosong ini. Mereka masih belumtahu bahwa di Pantai Gosong ini masih tersimpan keindahan dari pemandangannya yang tersembunyi.  

Lihatlah, pada awal kita masuk ke pantai ini, kita akan menemukan banyak pohon kelapa dengan lingkungan yang masih sangat alami buah kelapa juga banyak tersusun rapi di bawahnya. Pemandangannya begitu indah dan asri, masih belum tercemar sama sekali. Jika kita menginginkan suasana yang tenang dan nyaman untuk berlibur bersama keluarga atau pacar, maka Pantai Gosong inilah tempat yang sangat sesuai untuk berlibur.

Apabila kita (Anda) melihat atau memandang ke laut, maka tepat di depan Anda berdiri itu ada dua pulau kecil yang akan kita lihat. Pulau kecil itu sangat indah sekali, apalagi jika kita meliahtnya pada saat matahari akan tenggelam. Kedua pulau itu adalah Pulau Semesak dan Pulau Tempurung.

Pantai Gosong ini sangat indah kawan. Tapi, kenapa orang-orang masih belum ramai untuk berkunjung kemari? Mungkin yang menjadi alasan utama kenapa masyarakat luar atau lokal tidak mau untuk berekreasi di Pantai Gosong ini. Jawabnya adalah:
1.      Karena tidak bisa menikmati air laut sambil berenang. Kecuali orang tersebut suka dengan air asin yang berlumpur.
2.     Selain berlumpur, Pantai Gosong ini juga dikenal sebagai pantai yang tergolong angker. Beberapa peristiwa yang aneh pernah terjadi di lokasi Pantai Gosong ini.
3.      Dan, adanya keberadaan dua kompleks pemakaman, yaitu pemakaman muslim dan tionghoa, yang membuat buluroma merinding. (catatan: jangan berfikir yang tidak-tidak, melamun, dan lain sebagainya. Insya allah pengunjung akan selalu dilindungi oleh Allah SWT, Insya Allah tidak akan ada masalah).

Perlu kita ketahui bahwa nama “Pantai Gosong” ini diberikan kepada pantai yang dulunya tidak mempunyai nama yang berlokasi di kaki Bukit Bunga. Karena kawasan ini dulunya pernah terbakar yang meninggalkan kayu-kayu yang sudah menjadi arang. Jika Anda dapat menyisihkan waktu untuk mampir ke Pantai Gosong ini. Maka Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang  cukup indah dan menyejukkan mata. Jangan Anda pikirkan yang pantainya hanya lumpur dan airnya yang abu-abu. Tancapkanlah dibenaknya Anda bahwa Pantai Gosong ini cocok untuk berlibut walaupun hanya sebentar ataupun satu kali seumur hidup Anda.

Kurangnya pengunjung atau turis lokal ke pantai ini menjadikan kawasan wisata lokal “Pantai Gosong” relatif lebih bersih dari sampah-sampah plastik atau pun sampah bahan makanan lainnya yang serba instan. Ayo kapan lagi kita ke “Pantai Gosong” sebelum tiketnya “habis” he.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours