Apakah yang dimaksud dengan Isra’ Mi’raj? Sugianto, S.Pd.I. Anak-anak SMP yang baru kelas tujuh mungkin bertanya-tanya apakah yang dimaksud


Apakah yang dimaksud dengan Isra’ Mi’raj?
Isra' dan Mi'raj

Apakah yang dimaksud dengan Isra’ Mi’raj? Sugianto, S.Pd.I. Anak-anak SMP yang baru kelas tujuh mungkin bertanya-tanya apakah yang dimaksud dengan isra’ mi’raj itu? Ada juga yang bertanya kepada penulis anak-anak SD pas momentnya isra’ dan mi’raj tanggal 27 Rajab. Maka dari itu penulis akan menjelaskansecara singkata apa yang dimaksudkan dengan isra’ dan mi’raj Nabi Muhammad SAW.  

Pengertian atau Definisi Isra dan Mi’raj. Isra dan Mi’raj adalah dua bagian dari sebuah perjalanan yang dikerjakan oleh Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam hanya dalam waktu satu malam. Peristiwa itu merupakan salah satu kejadian atau peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam. Mengapa? Karena pada peristiwa tersebut Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk mengerjekan atau menunaikan salat lima waktu dalam sehari semalam.

Sejarah atau Kisah Perjalanan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
Sejarah atau kisah singkat mengenai isra’ mi’raj Nabi besar Muhammad SAW di bawah ini. Perjalanan dimulai ketika Rasulullah mengendarai burung Buraq bersama Malaikat Jibril. Kemudian Malaikat Jibril pun berkata kepada Nabi Muhammad SAW.
“Turunlah dan kerjakan shalat”.
Kemudian Rasulullah pun turun. Dan Malaikat  Jibril pun berkata kembali kepada Nabi Muhammad SAW.
“Dimanakah engkau sekarang ?”, tanya Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.
“Tidak tahu”, jawab Rasulullah SAW.
“Engkau sekarang berada di Madinah, di sanalah engkau akan berhijrah“, kata Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.
Kemudian perjalanan pun dilanjutkan kembali ke Syajar Musa (Masyan), di mana itu adalah  tempat penghentian Nabi Musa ketika lari dari Mesir. Kemudian kembali ke Tunisia tempat di mana Nabi Musa menerima wahyu. Lalu ke Baitullhmi (Betlehem) tempat kelahiran Nabi Isa AS. Dan setelah itu perjalanan diteruskan ke Masjidil Aqsha di Yerussalem merupakan sebagai kiblat nabi-nabi terdahulu.

Hikmah Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW
Hikmah dari isra’ mi’raj adalah perintah sholat. Perintah sholat diterima oleh Nabi Muhammad SAW ketika dalam perjalanan isra’ dan mi’raj. Kemudian sholat menjadi ibadah wajib bagi setiap umat Islam diseluruh dunia tanpa terkecuali. Dan sholat itu memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan ibadah-ibadah wajib lainnya. Sehingga, dalam konteks spiritual-imaniah maupun perspektif rasional-ilmiah, Isra’ Mi’raj merupakan kajian yang tak kunjung kering inspirasi dan hikmahnya bagi kehidupan umat beragama (Islam).

Itulah cerita singkat mengenai defenisi, sejarah dan hikmahnya dari isra’ dan mi’raj. Semoga artikelini bermanfaat buat penulis dan buat kita semua. Semoga artikel ini bernilai ibadah di mata Allah SWT.
Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours