Jumat, 01 April 2016

Haid Pertama Bagi Seorang Remaja SMP

Haid Pertama Bagi Seorang Remaja
Haid Pertama (minarche)
Wanita sudah layaknya mengalami yang namanya mentruasi atau haid. Haid wanita atau gadis itu siklusnya satu bulan sekali jika tidak ada gangguan apa pun dari gadis tersebut. Jika telah haid atau mentruasi perlu dicurigai. Apa maksudnya dicurigai? Karena secara normalnya seorang gadis atau waita itu haid satu bulan satu kali yang berkisar 7 hari. Jika lebih dari 7 hari saja, perlu kita ciurigai. Apa yang harus kita curigai? Jika seorang gais yang masih belum menikah, jika telat haid yang harus kita curigaiitu dua hal, yaitu hamil dan ada kelainan pada rahim (penyakit). Begitu juga jika haidnya lebih daritujuh hari, mungkin itu juga penyakit. Silakan hubungi dokter atau bidan kandungan yang sudah ahlinya. 

Biasanya bagi seorang remaja mengalami haid secara normalnya berusia 13 tahun. Masalah tanggal dan bulannya itu berbeda-beda setiap gadis. Haid pertama bagi seorang gadis itu disebut dengan minarche. Haid pertama yang dirasakan oleh remaja itu sangat sakit. Akan tetapi itu bisa diatasi dengan obat yang sudah tersedia diapotik terdekat di kota anda. Dan juga bisa ditawari (serapah jampi) secara tradisional bagi para ahlinya. Termasuk penulis juga sudah mempelajarinya dari bidan atau dukun beranak kampung.

Mengenai tanggal Haid pertama itu berbeda-beda, tapi ada juga yang sama, karena begitu banyaknya remaja, misalnya hari Senin, tanggal 17 Mei Tahun 2016 jam 10.20 wiba. Yang dirasakan saat itu antara takut dan bingung serta kurang paham. Apa yang terjadi pada kemaluanku? Mengapa kemaluanku mengeluarkan darah? Darah apakah ini sebenarnya? Apakah kemaluankku sudah robek? Apakah kemaluanku tidak sehat? Bagaimana cara membersihkan darah ini? Apakah ini yang namanya men (haid)? Atau banyak pertanyaan yang terjadi pada saat haid pertama.

Peran seorang itu paling utama disaat anak gadisnya mengalami haid pertama. Ibu akan mengajari anak gadisnya bagaimana cara untuk membersihkan mis V dari darah haid. Apa pantang larang yang tidak boleh dilakukan pada saat haid. Bagaimana cara menjaga Mis V agar tetap kering dan sehat atau bersih setelah habis haid. Mengajarkan cara mandi haid kepada anaknya. Mengajarkan do’a mandi wajib kepada anak, meskipun si anak sudah mendapatkan dari guru agaanaya di sekolah. Dan lain sebagainya.


Bagi si anak abg tadi, diusianya yang sudah 13 tahun itu, dia sudah mulai adarasa ketertarikan kepada lawan jenis, yaitu laki-laki. Mulailah ia pd kt dengan si BOY, mulailah ia pasang BODY, mulailah ia goda-goda si BOY, sms-an, minta nope, minta PIN BB, inbox di FB, intro, dan lain sebagainya. Pada saat seperti itu, semua orang dibuatnya tunggul, cengengesan sendiri, tertawa sendiri, senyum-senyum sendiri, ngoong sendiri. Dam lain sebagainya. Pengaruh dari haid pertama. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...