Minggu, 05 Juni 2016

7 Indra Yang Harus Dibersihkan Menyambut Ramadhan

Panca Indra
7 indra yang harus dibersihkan menyambut ramadhan yang mulia ini. indra adalah Indera atau indria merupakan alat penghubung/kontak antara jiwa dalam wujud kesadaran rohani diri dengan material lingkungan. Dalam ajaran Hindu indria ada sebelas macam dan disebut sebagai eka dasa indriya.
Sebenarnya yang kita ketahui bahwa indra manusia itu ada lima yang sering kita sebut dengan nama panca indra. Disini penulis membahas tentang 7 indra yang adapada manusia, biasanya disebut indra ke tujuh atau yang mempunyai indra ke 6. Pada bulan ramadhan yang mulia ini kita harus membersihkan 7 indra yang kita miliki. Apa ketujuh indra tersebut? Ketujuh indra tersebut sebagai berikut:   

1.      Mata
2.      Hidung
3.      Lidah
4.      Telinga
5.      Kulit (tangan-kaki)
6.      Hati
7.      Otak

Itulah indra ketujuh dari yang kita miliki yang harus kita bersihkan. Mata dilarang untuk melihat yang bukan-bukan, atau yang seksi-seksi. Hidung dilarang mencium yang bukan haknya untuk dicium. Lidah dilarang untuk membicarakan atau bergosip-gosip, memfitnah, dan lain sebagainya. Telinga dilarang untuk mendengar cerita yang tidak-tidak, ada teman yang menggosipkan atau yang memfitnahkan orang lain. Kulit dilarang untuk meraba yang bukan haknya, tangan dilarang mencuri, kaki dilarang untuk ke tempat yang maksiat dan lain sebagainya. Hati bersihkan dari sombong, iri, dengki, riya, otak dilarang untuk berfikir atau menghayal yang kotor-kotor atau jorok-jorok, dan lain sebagainya.   
Lain halnya dengan Indera keenam. Indra ke 6 berperan sebagai indera untuk menangkap informasi tentang dunia sekitar yang tidak bisa diperoleh dengan indera biasa. Dalam bahasa inggris, indera keenam dikenal dengan istilah sixth sense. Adapun dalam istilah teknis parapsikologi, indera keenam dikenal dengan istilah extra sensory perception atau disingkat ESP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...