Rabu, 23 Maret 2016

DAUN GELINGGANG


Sugianto

Hasiat Dari Daun Gelinggang ini adalah untuk obat luar, misalnya penyakit kulit. Penyakit kulit yang dapat disembuhkan dengan mengunakan obat tradisional ini, misalnya panu, kadas, dan kurap atau kutu air. Daun gelingang ini sangat mudah dijumai di dayaran rendah. Biasanya daun gelinggang ini tumbuh dibelakang rumah atau dikebun. Dalam bahasa daerah Sambas daun gelinggang ini juga disebut dengan gelinggang. Akan tetapi ada juga orang yang menyebutnya daun ketepeng. Jika di Kabupaten Sambas, daun gelinggang ini sangat mudah sekali didapatkan. Lagi pula banyak dari masyarakat yang masih menggunakan obat tradisional ini untuk mengobati penyakit kulitnya. Misalnya; panu, kadas, kurap dan lain-lainnya.

Dengan kemajuan teknologi ini, masih banyak juga masyarakat yang melakukan pengobatan penyakit kulit secara tradisional. Sebut saja namanya Sugianto. Ia juga melakukan pengobatan penyakit kulit tetangganya dengan daun gelinggang. Pertama sekali daun gelinggang itu dicuci, setelah bersih ditumbuk halus. Jika sudah halus (lati atau sebati), maka daun gelinggang yang sudah lumat tersebut, data dibalurkan atau digosok-gosokkan pada yang terkena panu atau pun kurap serta kutu air.   

Daun gelinggang ini sangat mudah sekali dijumpai. Daun gelinggang ini hanya digunakan untuk obat luar semata. Jika daun gelinggang ini disrebus dengan tiga gelas air, dan menjadi 1 atau  2 gelas, maka khasiatnya lain. Khasiat daun gelinggang secara tradisional jika direbus dengan 3 gelas air, adalah untuk rematik. Akan tetapi daunnya jangan banyak-banyak. Untuk mengobati rematik jika untuk minum, daunnnya cukup 1 atau 2 lembar saja. Jika tidak cocok hentikan pengobatan secara tradisional, jika sakit berlanjut, hubungi dokter. Jika sudah ke dokterkan, tidak diragukan lagi pengobatan kita. Perlu diingat atau diketahui bahwa; “ada penyakit yang tidak bisa ditangani oleh dokter, maka obatilah secara tradisional. Ada kalanya juga ada penyakit yang tidak bias ditangani oleh paranormal atau dukun, maka berobatlah secara dokter. Maka dari itu antara paranormal dan dokter sejalan-searah, saling bantu-membantu, dan lain-lainnya.

Jika anak-anak Sambas, suka sekali main dipohon tersebut untuk bersembunyi dari temannya yang jaga. Jika sudah aman dari temannya yang jaga, maka keluarlah peserta atau teman-temannya yang lain. Petak umpet atau sinaporannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn,-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...