Kamis, 10 Maret 2016

7 Keharusan Yang Dilakukan Saat Gerhana Matahari


7 Keharusan Yang Dilakukan Saat Gerhana Matahari
Sugianto, S.Pd.I

Gerhana matahari pasti akan terjadi lagi, tahun ini-tahun depan-tahun akan datang-atau seratus, dua ratus, tiga ratus yang akan datang. Gerhana matahari total telah terjadi di wilayah Indonesia, seperti Belitung dan Palu. Jika di Kalimantan atau di Pulau Jawa hanya imbasnya saja (tidak total). Jika di Kalimantan Barat khususnya di Kabupaten Sambas, gerhana matahari hanya terlihat sebagian saja. Berarti matahari lebih besar dari pada bulan. Jika saat gerhana matahari terjadi, ada tujuh hal yang harus kita lakukan, misalnya; 
1.      Ngaji Atau Baca Quran
Jika terjadi gerhana matahari, lebih baik kita ambil quran dan bacalah quran. Jangan berpesta pora, nonton artis dan jalan-jalan di pantai seperti yang kita lihat. Baca quran apa adanya, misalnya alfatihah, kulhuwallah, dan yang lainnya. 
2.      Sholat Sunat Gerhana Atau Solat Sunat Yang Lainnya
Nah, jika terjadi sholat gerhana bulan atau matahari lebih baik lagi sholat gerhana. Atau sholat duha, atau sholat sunat yang lainnya.
3.      Do’a
Jika terjadi gerhana, lebih baik baca doa, jangan membicarakan orang-orang yang bukan-bukan. Doa nya minta kaya, minta berkah, minta anak, minta sehat, minta apa saja kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.
4.      Zikir
Jika terjadi gerhana lebih baik kita berzikir. Baca Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar, atau Lailahailallah. Selesai sholat lebih baik doa dan zikir.
5.      Tidak Keluar Rumah (Bagi Yang Hamil)
Jika terjadi gerhana bagi yang hamil tidak boleh keluar rumah. Lebih baik diam di rumah, baca-baca yang berfaedah. Atau bikin kue, atau pula membuat sesuatu yang berfaedah.
6.      Tafakur
Tafakur diam diri, merenung yang terbaik. Jangan melakukan hal-hal yang buruk esok harinya. Jadilah yang terbaik karena mungkin selama ini kita jahat atau berbuat salah yang tidak-tidak.
7.      Introspeksi diri
Introspeksi diri dengan apa yang telah kita lakukan selama ini. Karena gerhana matahari ini adalah rahasia ilahi. Usia kita semakin bertambah, esok atau lusa Tuhan akan memanggil kita.

Nah, itulah tujuh keharusan yang harus dilakukan saat gerhana bulan atau pun gerhana matahari. Bukannya kita lakukan pesta pora, nyanyi-nyanyi dan lain sebagainya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...