Selasa, 08 Maret 2016

7 Benda Untuk Melihat Gerhana Matahari Total


7 Benda Untuk Melihat Gerhana Matahari Total
Sugianto, S.Pd.I

Banyak orang-orang yang menantikan gerhana matahari total di tahun 2016 ini. Banyak pula orang asing yang berdatangan ke Indonesia hanya untuk melihat GMT tersebut. Maklum kejadian ii merupakan fenomena alam yang hebat. Mungkin kejadian alam ini 100 tahun sekali, dan mungkin lebih. Karena kejadian ini sangat jarang terjadi. Kebetulan tahun ini Indonesia yang menjadi tuan rumahnya. Makanya banyak dari luar negeri yang datang ke Indonesia khususnya ke Belitung. Para pelancong sudah menyiakan segala sesuatunya untuk melihat gerhana matahari tersebut. Sedangkan kita, apakah sudah menyiapkan barang atau pun perlengkapan untuk melihat gerhana matahari total tersebut? Jika kita tidak menyiapkan barang atau pun perlengkapan untuk melihat gerhana matahari total tersebut. Nanti mata kita bisa menjadi buta seumur hidup (permanent).

Untuk melihat gerhana matahari total tersebut, maka kita perlu menyiapkan barang-barangnya. Barang-barang tersebut adalah:
  1. Kaca Mata Hitam
  2. Klise Film
  3. Klise Rongsen
  4. Air Yang Di Dalam Ember Atau Baskom
  5. Kaca Mata Khusus Gerhana
  6. Proyektor Lubang Jarum Untuk Melihat Gerhana Matahari Total.
Membuat Alat yang sangat sederhana ini bernama “Proyektor Lubang Jarum”. Proyektor lubang jarum digunakan untuk Melihat Gerhana Matahari Total nantinya. Kejadian gerhana matahari total ini merupakan kejadian yang sangat istimewa, karena terjadinya di Indonesia. Melihat gerhana matahari total yang aman dan murah, yaitu dengan cara membuat proyektor lubang jarum.
  1. Kaca yang sudah dihitamkan dengan asap atau pun api.

Setelah ketujuh barang itu kita ketahui, maka pilihlah salah satu barang tersebut. Agar mata kita tidak menjadi buta. Beruntung sekali kita Indonesia yang menjadi tuan rumah dari gerhana matahari total tersebut. Setelah kejadian nanti tanggal 9 Maret 2016, entah kapan lagi yang akan terjadi di Indonesia. Di Belitung sudah banyak tamu yang berdatangan dari dalam negeri atau pun darai luar negeri; misalnya Malaysia, Singapura, Australia, dan banyak lagi yang lainnya.    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...