Jumat, 14 Oktober 2016

Cerita Daerah Sambas "Bantelan"


Keramat Bantelan
Cerita Daerah Sambas atau 7 Cerita Rayat Populer di Sambas yang perlu anak-anak kita ketahui. Sesungguhnya cerita rakyat Kabupaten Sambas itu banyak sekali, diantaranya Dare Nandung Bujang Nadi, Tok Kullup, dan banyak lagi yang lainnya. Sugianto, S.Pd.I telah menulis sebanyak 20 judul tentang cerita rakyat Kabupaten Sambas dan telah dicetak di Singkawang untuk lingkungan sendiri. Cerita tersebut dibuat berdasarkan referensi dan narasumber yang terpercaya. Untuk mengetahui 7 Cerita Rayat Populer di Sambas ada di bawah ini:
  1. Cerita Dare Nandung Bujang Nadi
Dare Nandung dan Bujang Nadi merupakan dua saudara anak dari Raja Tan Unggal. Dara Nandung merupakan seorang dara yang cantik sekali dengan hobinya menenun. Sedangkan Bujang Nadi merupakan seorang yang gagah perkasa dan ganteng dengan hobinya menyabung ayam.
  1. Cerita Tan Unggal
Tan Unggal adalah seorang raja yang lalim. Ia mempunyai tiga orang anak, yaitu Dara Nandung dan Bujang Nadi serta Tok Kullup. Tan Unggal mati dibunuh oleh rakyatnya sendiri dengan dikurung dalam peti besi dan dibuang ke laut di muara Pemangkat laut lepas.
  1. Cerita Tok Kullup
Tok Kullup adalah anak Raja Tan Unggal yang Bungsu. Ia bergelar Tok Kullup karena ia tidak bisa disunat. Ia sudah kebal sejak dari lahir. Tok Kullup dalam persemediannya di bukit Piantus hingga sekarang. Banyak orang yang ziarah ke sana memohon keberkatan atau sekedar untuk ziarah pudiah alfatihah. 
  1. Cerita Asal-Usul Burung Ruai
Dahulu kala sebenarnya burung Ruai ini merupakan seorang Puteri yang cantik. Ia adalah anak yang nomor tujuh atau si bungsu. Oleh ke enam saudaranya si bungsu diajak ke hutan dengan alasan mencari ikan. Setelah jauh ke dalam hutan, si bungsu ditinggal oleh ke enam kakaknya. Akhirnya si bungsu sendirian. Si bungsu berjumpa dengan seorang kakek sakti, kemudian merubah si bungsu menjadi burung Ruai.   
  1. Cerita Batu Ballah
Batu Ballah merupakan sebuah dongeng atau lagenda yang berasal dari daerah Sambas atau Kabupaten Sambas. Cerita Batu Ballah ini berasal dari daerah Pemangkat sekarang. Cerita Batu Ballah ini menceritakan seorang ibu yang dimakan oleh Batu Ballah karena kemponan ikan tembakul. Konon menurut cerita, si anak tidak menyisakan buat si ibu. Jadi si ibu merajuk, dan pergi ke pantai Tanjung Batu. Dan memohon pada Batu Ballah agar dimakan. Akhirnya Batu Ballah memakan si Ibu hingga rambutnya yang tersisa.
  1. Cerita Muare Ulakkan
Muare Ulakkan terdapat di Sambas simpang tiga depan istana. Menurut terjadinya muara ulakkan ini adalah si Masam dan si Ribbas membawa batu dari si Batok. Dengan kekuatan mereka dapatlah batu tersebut, dan dibawa ke sana.
  1. Cerita Batu Bejamban
Batu Bejamban ini berasal dari daerah Paloh, Batu Bejamban ini mempunyai hubungan yang erat sekali dengan cerita Batu Layang di Pontianak. Batu Bejamban ini mistiknya selalu saja basah dan selalu saja ada terdengar bunyi orang mandi. 

Nah, itulah 7 Cerita Rayat Populer di Sambas, untuk mengetahuinya silakan saja beli bukunya atau baca ceritanya di perpustakaan daerah atau di internet.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...