Selasa, 13 Oktober 2015

7 Amalan Pada Tengah Malam Bulan Muharam


7 Amalan Pada Tengah Malam Bulan Muharam
Sugianto, S.Pd.I
7 Amalan Pada Tengah Malam Bulan Muharam banyak orang yang tidak melakukannya. Mungkin diantara kita ada juga yang melaukannya. Penulis mencoba melakukan hal semacam itu, meskipun terasa ngantuk pada saat bangun tengah malam. Alarm sudah distel lewat handpone agar tidak kesiangan bangunnya. Malam tahun baru Islam merupakan malam kesempatan bermunajat kepada Allah Swt, agar diijabah oleh-Nya selain malam-malam yang mustajab.

Tujuh amalan pada tengah malam bulan Muharam tersebut ialah; 
1.      Sholat Tahajut
Waktu Mengerjakan Shalat Sunah Tahajud dilakukan hanya pada malam hari setelah Shalat Isya sampai masuk waktu shalat subuh dan Cara Shalat Tahajud sendiri dilakukan setelah anda tertidur atau bangun tidur walaupun tidur anda hanya sebentar sekali.
2.      Baca Surah Yasin
Surah Ya Sin adalah surah ke-36 dalam Al-Qur’an. Surah ini terdiri atas 83 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah serta diturunkan sesudah Surah Al-Jinn. Dinamai Ya Sin karena dimulai dengan huruf Ya Sin.
3.      Baca Doa Minta Kesehatan
Kesehatan, keselamatan serta kesejahteraan merupakan hal yang terpenting dalam hidup. Maka janganlah kita bosan untuk selalu berdoa memohon agar diberi keselamatan dan kesejahteraan serta kesehatan dalam menjalani kehidupan ini, semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.
4.      Sholat Hajat
Shalat Sunnah Hajat merupakan Shalat sunnah yg dikerjakan untuk meminta hajat kepada Alloh karena kita sebagai hamba Alloh pasti mempunyai hajat agar di kabulkan hajatnya oleh Alloh.
5.      Baca Surah Alwaqiah
"Barangsiapa membaca Surah Al- Waqiah setiap malam, maka takkan
menimpa padanya kemiskinan (kemiskinan) HR. Al-Baihaqi. Khasiat surah Al- Waqiah. Siapa membaca surat Al- Waqi'ah setiap hari, ia tidak
akan ditimpa kefakiran..lihat di doa mustajab.
6.      Baca Doa Minta Kekayaan
Doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan, Doa Supaya Cepat Kaya, doa nabi Sulaiman tersebut pula yang dibaca Nabi Sulaiman a.s., agar ia menjadi kaya raya. Supaya cepat kaya seperti Nabi Sulaiman tentu semua orang menginginkannya. Kita tahu Nabi Sulaiman as adalah salah seorang Nabi yang dilimpahi kekayaan melimpah ruah, jadi bacalah doa minta kaya kepada Allah.
7.      Sholat Witir
Salat Witir adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari setelah waktu isya dan sebelum waktu salat subuh. Shalat Witir adalah shalat sunnah yang dikerjakan di malam hari dan jumlah raka'atnya ganjil. Jadi bisa saja shalat witir itu dikerjakan sebanyak satu raka'at.

Nah, itulah 7 amalan pada tengah malam bulan Muharram yang penulis kerjakan, meskipun masih belum sempurna sama sekali amalannya. Amalan ini diluar dari hadist atau ketentuan Rasulullah, tiada lain tujuan penulis hanyalah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar doa selalu diijabah olehNya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...