Rabu, 02 September 2015

Kamus Bahasa Gaul Abg di Facebook


Kamus Bahasa Gaul Abg di Facebook banyak sekali macam dan jenisnya, ada yang bahasa inggris, ada yang bahasa daerah, dan ada pula bahasa boken. Bahasa gaul yang mereka gunakan biasanya, alay, lebay, gws, urwell, gws, dan banyak lagi yang lainnya. Entah siapa yang pertama sekali yang mempopulerkan bahasa gaul tersebut. Apakah mungkin sugianto, titi dj, ataupun titi kamal, dan bahkan sule, serta tukul arwana (ikan sillok).  

1.      SEGEDE GAMBRENG : Kata “gambreng” berasal dari suitan anak-anak (hompimpah alaihum gambreng), yang menunjukkan siapa yang menang dalam suitan tersebut.
2.      SEGEDE GOBLOK : Mirip dengan ungkapan “Segede Gambreng”, kata “Segede Goblok” menunjukkan sesuatu yang besarnya luar biasa dan – sakin besarnya – jadi ga masuk akal.
3.      JUTEK : menggambarkan pria yang sombong dan jarang tersenyum. kata yang digunakan untuk melukiskan orang yang menyebalkan, judes, galak, emosian, dan sombong.
4.      BT / BETE : Merupakan singkatan dari Boring Total. dipopulerkan oleh Dwiq saat merilis lagu “Bete” sekitar tahun 2008.
5.      KAMSUD : Merupakan pembalikan konsonan kata “Maksud”.
6.      KATROK : Orang kampung / orang desa. Kata ini dipopulerkan oleh Tukul Arwana.
7.      PRIKITIU : Adalah celutukan yang ditujukan pada pasangan yang tertangkap basah melakukan perselingkuhan.
8.      CUMI : Merupakan singkatan yang mengandung banyak arti; (tergantung CUMI yang dipakai adalah singkatan dari apa). Misalnya:
-         Cumi: CUma MIkir,
-         Cumi: CUma MIScal,
-         Cumi: CUma MIrip,
-         Cumi: CUma MInjam,
-         Cumi: CUkup MIris, dan lain-lain.
9.      KRIK : Adalah suara jankrik. “Krik” berulang-ulang, menandakan bahwa penulis menganggap ucapan orang itu gak lucu banget.
10.  GAYUS : Merupakan sebutan sindiran untuk orang yang gila uang dan berusaha mendapatkan uang dengan berbagai cara yang tidak halal.
11.  MOGE : Awalnya kata ini merupakan singkatan dari Motor Gede.
12.  NI YEE… : yang mempunyai makna ini ye. Dipopuerkan oleh pelawak (alm) Diran di tahun 1985an. 
13.  BONEK : Singkatan dari kata Bondo Nekat yang berarti orang nekat yang gak bermodal apapun selain kemauan.
14.  GUE : Adalah bahasa “resmi” yang kini banyak digunakan oleh kebanyakan orang (terutama orang dari Suku Betawi) untuk menyebut “Saya / Aku”.
15.  LO / LU : Sama seperti “Gue”.

Nah, itulah limabelas bahasa gaul yang dapat penulis sajikan kehadapan abg sekalian. Terima asih atas kunjungannya.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...