Senin, 07 September 2015

7 Tugu Prasasti di Sambas


7 Tugu Prasasti di Sambas
Tugu Pahlawan (Makam Pahlawan Sambas)
7 Tugu Prasasti di Sambas yang ada di Kabupaten Sambas banyak tidak diketahui oleh masyarakat apalagi oleh para pelajar. Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Prasasti-prasasti yang ada di Kabupaten Sambas ini merupakan buatan yang harus dilestarikan. Prasasti ini telah tertulis dibeberapa tugu Pahlawan dan tugu yang lain untuk mengenang suatu kejadian tertentu di Kabupaten Sambas.

Ketujuh prasasti itu dianaranya ialah: 
  1. Tugu Pahlawan (Makam Pahlawan Sambas)
Tugu Pahlawan atau Makam Pahlawan Kabupaten Sambas terletak di Sungai Pinang tidak jauh dari kolam renang. Olam renang sering dan ramai diunjungi oleh masyaraat, sedangan makam pahlawan mungkin hanya satu atau dua orang saja yang datang untuk pudiah Al-Fatihah kepada para pahlawan. Para pahlawan yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Sambas ini sebanyak 23 orang.
  1. Tugu Pahlawan Veteran Tanjung Batu (Pemangkat)
Prasati untuk mengenang keganasan tentara Jepang tempo dulu di Sambas khususnya di Pemakangkat, maka dibuatlah sebuah tugu dan prasasti di Tanjung Batu, yang tidak jauh dari lokasi sekolah dasar. Pada prasasti tersebut tertulis beberapa nama pahlawan Cina dan Melayu, baik Pak Haji ataupun biksu. Para pahlawan atau veteran yang tertulis disana sebanyak 53 orang baik Islam ataupun Budha.  
  1. Tugu Pahlawan Veteran Pusaka (Tebas)
Tugu Pahlawan Veteran Pusaka berdiri kokoh di Dusun Sekadim. Tugu Veteran ini dengan prasasti nama-nama Pahlawan Veteran sebanyak 28 orang yang telah berjuang melawan Jepang, Belanda dan PKI.
  1. Tugu Jeruk (Tebas)
Tugu jeruk Tebas merupakan simbol kejayaan kota Tebas dengan hasil jeruknya yang terkenal dengan nama “jeruk pontianak”. Bahkan pada beberapa tahun yang lalu Tebas telah dibuat suatu pameran dengan jeruk terbesar memecahkan rekor MURI.  
  1. Tugu Pahlawan Veteran Kecamatan Tebas (Tebas)
Tugu Pahlawan atau Veteran dengan prasastinya terdapat dihalaman antor Camat Tebas. Tugu Veteran ini seperti “Bambu Runcing”, sehingga tugu ini disebut “Tugu Bambu Runcing”. Pada prasasti yang terpahat di tugu ini terdapat 180 orang pejuang atau veteran.
  1. Tugu Pahlawan Simpang Tiga (Sambas)
Tugu Pahlawan Simpang Tiga yang terdapat di pertigaan Kota Sambas merupakan simbol menyambut tamu yang datang dari arah barat. Pada tugu ini juga erdapat beberapa tulisan penyemangat bagi generasi penerus agar mempertahankan kemerdekaan NKRI dari penjajah.
  1. Tugu Ketupat Berdarah (Jawai)
Dari beberapa tugu di atas, lain halnya dengan tugu atau prasasti ini yang bernama “Ketupat Berdarah” di Kecamatan Jawai. Tugu Ketupat Berdarah ini merupakan simbol untuk mengenang terjadinya perang antara “Madura dan Melayu” beberapa tahun yang lalu.

Itulah 7 tugu atau prasasti yang ada di Kabupaten Sambas, perlu diketahui pula ada satu lagi yaitu Tugu Pahlawan Veteran Kecamaan Sejangkung di Sejangkung yang terdapat di halaman Kantor Camat Sejangkung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...