Sabtu, 05 September 2015

7 Tempat Mistik di Sambas


7 Tempat Mistik di Sambas
Makam Dare Nandung Bujang Nadi
7 Tempat Mistik di Sambas merupakan hanya sebagian kecil dari tempat mistik-mistik yang ada di Kabupaten Sambas. Mungkin banyak orang yang sudah mengalami hal aneh pada tempat-tempat mistik tersebut. Dan mungkin pula banyak diantara kita yang masih belum mengetahuinya. Penulis mencoba untuk menyampaikan 7 tempat mistik yang ada di Kabupaten Sambas, meskipun banyak lagi yang lainnya. 

7 tempat mistik di Kabupaten Sambas tersebut ialah:

1.      Makam Dare Nandung Bujang Nadi
Makam Dare Nandung Bujang Nadi terdapat di Bukit Sebedang tidak jauh dari pusat Kecamatan Tebas yang beralokasi di Desa Sebedang Kecamatan Sebawi. Kemistikan dari makam ini adalah ketika kita menancapkan kayu sepajang depa kita dengan mengucapan niat dihati, maka setelah dicabut kayu tersebut bisa panjang, bisa juga pendek, dan bisa juga tidak berubah sedikitpun.  
2.      Bukit Piantus (Kuburan Tok Kullup)
Bukit Piantus merupakan lokasi dari kuburan Tok Kullup. Ditempat inilah sebuah batu menjadi cekung hanya gara-gara Datok Kullup terjatuh menghalau burung. Burung tersebut bernama “burung keluk-kok atau bubut” menurut bahasa setempat. Itulah kemistikan dari tempat tersebut.
3.      Batu Bejamban
Batu Bejamban terdapat di Kota Paloh. Kemistikan dari Batu Bejamban ini adalah batu ini tidak bisa kering, sedangkan di daerah ini tidak ada orang. Di Batu Bejamban ini kadang-kadang terdengar orang ramai yang mencuci atau mandi.
4.      Kerajaan Bunian (orang kebannarran Paloh)
Paloh merupaan kerajaan orang bunian atau orang kebannaran. Kemistikan dari daerah ini adalah kita tidak boleh bicara sumbar atau takabur. Karena akan menjadi kenyataan. Ibaratnya seperti orang pagi haji, tidak boleh celupar atau lamis mulut.
5.      Muare Ulakkan
Muara ulakkan terdapat di depan Istana Kesultanan Sambas Alwatzoebillah. Kemistikan dari Muara Ulakkan ini adalah airnya berputar terus yang berpusat entah di mana, akan tetapi menurut pandangan ghaib menuju dalam telaga istana tempat para puteri atau ratu mandi.
6.      Makam-makam Raja Sambas
Makam-makam Raja Sambas terletak di Desa Dalam Kaum Sambas. Kemistikan dari Makam Raja-raja Sambas ini tidak diragukan lagi. Banyak orang yang minta barkat disana. Ambil contoh misalnya, minyak atau keharuman dari makam ini selalu saja ada. Minyaknya tidak habis-habis dan tanahnya juga tidak cekung-cekung.
7.      Keramat Bantelan
Keramat Bantelan terletak di Desa Kuayan Kecamatan Sajad. Untuk menuju kesana membutuhkan kesabaran, karena jalannya lumayan bagus. Kemistikan dari Keramat Bantelan ini adalah membukitnya makam (posisi makam yang tinggi). Namun sekarang tidak lagi terawat oleh penduduk desa. Dulu banyak orang yang meminta barkat di Keramat Bantelan ini sesuai dengan niat mereka masing-masing. 

Itulah 7 tempat mistik di Negeri Sambas yang perlu kita ketahui dan perlu juga untuk dilestarikan. Misalnya keramat-keramat atau makam-makam itu harus dilestarikan karena itu merupakan cagar budaya daerah Kabupaten Sambas. Jangan sampai hilang seperti Jembatan Sabbok yang tinggal namanya saja sekarang. 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...