Selasa, 22 September 2015

7 Permainan Terunik Rakyat Sambas


7 Permainan Terunik Rakyat Sambas
Petak umpet atau sinaporan
7 Permainan terUnik Rakyat Sambas merupakan sebuah permainan rakyat yang saat ini sudah dilupaan oleh anak-anak Sambas. Permainan rakyat ini mungkin sudah tidak lagi dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang. Karena menurut mereka permainan rakyat itu kampungan atau jadul (jaman dulu). Maklum sekarang permainan lebih canggih lagi. Kini game online sudah ditangan mereka, ada yang namanya COC, Geat Rich, dan banyak lagi gameonline yang lainnya. Sebenarnya pendidikan juga berperan aktif dalam hal ini untuk memperkenalkan kembali permainan rakyat kepada anak-anak zaman sekarang, khususnya pelajaran mulok daerah. Akan tetapi sekarang mulok daerah Kabupaten Sambas tidak ada lagi diajarkan di sekolah dasar, maupun tingkat yang atas. Meskipun bukunya saat ini sudah siap cetak atau siap untuk dipublikasikan. Akan tetapi, peran dari dinas pendidikan saat ini masih belum menanggapi, entah apa masalahnya.

Di bawah ini adalah 7 permainan yang unik di Kabupaten Sambas, 
  1. Cangkelelet
Cangkelelet merupakan salah satu permainan rakyat Kabupaten Sambas. Permainan ini dimainkan lebih dari satu orang, bisa juga menggunakan team atau regu dalam kapasitas 2-5 orang. Cangkelelet ini terbuat dari bambu atau kayu, dengan ukuran induk mencapai 30 cm, dan kayu anak mencapai 7-10 cm.
  1. Lem Lem Tak
Lem-Lem Tak juga salah satu permainan yang unik dan menarik. Lem-lem tak dimainan sambil bernyanyi. Lagunya “lem-lem tak...Aji Mahmud, Sallem buttak, dikerundong sammut”.
  1. Sinaporan (petak umpet)
Sinaporan atau main sembunyi-sembunyian saat ini jarang sekali dimainkan oleh anakanak di pedesaan. Permainan rakyat ini sebenarnya permainan rakyat nusantara. Sinaporan atau sembunyi-sembunyi ini didaerah lain juga ada. Bahkan diluar negeri juga ada permainan sinaporan ini.
  1. Gasing
Gasing terbuat dari kayu Uli, atau ayu Morris, kayu Jeruk, kayu Labban, kayu Asam Jawa, dan kayu jenis lainya yang tahan dan kuat. Gasing ini dibuat dengan berbagai macam, ada gasing adu, ada juga gasing pangkak. Sedangan untuk tali gasing terbuat dari kulit kayu pohon peluntan atau dengan membuat dari tali nilon.   
  1. Jangkak atau Engrang
Jangak atau Engrang merupakan suatu permainan olah keseimbangan. Karena permainan ini seolah-olah kita mempunya kaki yang tinggi dan panjang. Engrang ini bisa dibuat dengan menggunakan bambu atau pun kayu. Engrang boleh dimanikan oleh anak laki atau pun oleh anak cewek.
  1. Congklak
Congklak merupakan sebuah permainan rakyat untuk anak cewek. Permainan Congklak ini menggunakan congkak (siput laut) atau buah guli dan lain-lainnya. Permainan Congklak ini berasal dari timur tengah (Turki) aslinya. Alat congklak ini seperti perahu kecil, dulu perahu kecil ini dibuat dari pohon pelaek atau jelutung. Yang penting kayunya lembut atau mudah untuk dipahat. Sekarang semuanya sudah berubah, baik alatnya atau buahnya sekarang sudah dari plastik semunya.
  1. Selimban main Congkak
Main selimbang atau main congkak juga sebuah permainan untuk anak cewek yang lebih cocok. Mesipun ada juga anak cowok yang memainkan atau yang pandai main selimban ini. Congkak atau siput laut diambil dari pantai Puteri Serayi di Kecamatan Jawai. Dulu banyak sekali congkak-congkak di sana yang berhamburan sepanjang pantai. Begitu juga dipantai Ramayadi yang tidak jauh dari pantai Puteri Serayi Jawai.

Nah, itulah 7 permainan yang unik langka, tidak lagi dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang. Permainan rakyat hilang ditelan kemajuan zaman. Jika tidak memulainya dari kita siapa lagi? Mengharapkan dinas atau pemerintah, “wallahu aklam”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...