Selasa, 15 September 2015

7 Peninggalan Belanda di Sambas


7 Peninggalan Belanda di Sambas
Jembatan Batu di Sambas
7 Peninggalan Belanda di Sambas itu bermacam-macam sekali jenisnya. Pada zaman dahulu di Sambas juga telah dijamah oleh Jepang dan Belanda, tak luput pula yang namanya PKI. Mereka sengaja masuk ke Sambas untuk menguasai Sambas. Di Sambas ini pula mereka membentuk kekuatan atau pemerintahannya. Banyak bangunan atau jembatan yang mereka buat. Akan tetapi yang mengerjakannya bangsa Indonesia itu sendiri yang dikenal dengan nama kerja paksa atau remosa, atau nama lain kerja rodi.

7 Peninggalan Belanda di Sambas itu diantaranya ialah;
  1. Jembatan Batu di Sambas
Jembatan Sambas amat terkenal dan menjadi penghubung antar kota di
kawasan selatan propinsi Kalimantan Barat. Sambas adalah sebuah kecamatan sekaligus ibu kota kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Indonesia. Geratak Batu, Durian merupakan Jembatan tua bikinan Belanda.
  1. Jembatan Manggis di Sambas
Jembatan Manggis di Sambas juga merupakan buatan beanda tempo dulu ketika mereka menduduki Sambas. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan daerah satu dengan daerah yang lainnya diseberang sungai. Hingga sekarang jembatan ini masih berdiri kokoh sebagai penghubung antara dua kampung yang berseberangan.
  1. Asrama Polisi di Sambas
Kedudukan asarama tua ini tidak jauh dari Jembatan Batu Durian menuju arah Kartiasa. Tidak jauh dari tempat itu terdapat sebuah tiang bendera tua yang terkenal angker dan ada penunggunya.  
  1. Penjara Tua Kampung Lorong Sambas
Penjara tua yang terletak di Kampung Lorong tidak jauh dari rumah dinas atau kediaman bupati Sambas. Penjara tua itu sudah tidak mampu lagi untuk menampung para tahanan yang begitu banyaknya. Sehingga LP dibaut yang baru lagi di pendidikan menuju arah Subah.
  1. Kampung Hangus Sambas
Kampung hangus merupakan suatu kisah peninggalan Belanda yang telah membakar kampung tersebut. Karena ada salah seorang penduduk yang menjadi mata-mata atau penghianat dengan bekerjasama dengan Belanda. Sehingga kampung tersebut dibakar oleh Belanda. Untuk mengabadikan sejarah tersebut, maka kampung tersebut diberi nama dengan nama “kampung hangus”.
  1. Jembatan Sebangkau
Jembatan Sebangkau merupakan jembatan buatan Belanda tempo dahulu. Sekarang jembatan itu tidak lagi dipergunakan atau difungsikan untuk penyeberangan atau lalu-lintas kendaraan baik roda dua ataupun roda empat dan enam. Jembatan itu hanya digunakan oleh pejalan kaki, namun ada juga kadang-kadang penduduk yang mengendarai sepeda motor lewat di jembatan tersebut.
  1. Rumah Kewedanan di Pemangkat
Rumah Kewedanan Belanda dahulu terdapat di Pemangkat. Rumah Kewedanan sekarang diartikan sebagai rumah dinas Pak Camat. Rumah tersebut masih terlihat berdiri kokoh di Pemangkat, meskipun sudah ada atau banyak yang rusak.

Nah, itulah 7 peninggalan Belanda ketia Belanda menjajah Indonesia, khususnya Sambas. Selain tujuh macam tersebut, mungkin masih banyak lagi peninggalan yang lainnya di seluruh Kabupaten Sambas ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...