Senin, 07 September 2015

7 Nama Meriam Pusaka Kerajaan Sambas


7 Nama Meriam Pusaka Kerajaan Sambas
Meriam Keraton Sambas
7 Nama Meriam Pusaka Kerajaan Sambas. Bicara soal pusaka Kerajaan Sambas itu banyak sekali. Misalnya pedang sultan, keris sultan, baju sultan, payung sultan, tempat tidur sultan, poto sultan, cermin sultan, dan lain-lainnya yang tidak kita ketahui. Mungkin ada pusaka yang masih rhaib atau memang di alam ghaib yang tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang. Mengenai judul di atas, sultan mempunyai 7 meriam yang sakti. Konon meriam itu adalah tujuh bersaudara (tujuh meadek). Meriam itu tersimpan dalam lemari kaca yang disalut dengan ain kuning.
 
Setiap ada sesuatu yang akan terjadi meriam itu bisa saja raib atau menghilang entah kemana, tapi bisa kembali dengan sendirinya. Meriam itu jumlahnya tujuh buah dan diberi nama :
1. Raden Mas
2. Raden Putri
3. Raden Sambir
Benda-benda kuno itu merupakan peninggalan Raden Sulaiman (Sultan Muhammad Safiuddin), hadiah dari mertuanya Ratu Sepudak, berupa 3 meriam tersebut di atas.
4. Raden Pajang
5. Ratu Kilat
6. Pangeran Pajajaran
7. Panglima Guntur

Ketujuh meriam tersebut bisa saja tiba-tiba tidak ada ditempat, hilang begitu saja, entah kemana perginya. Bukan dicuri orang atau dirampok orang.  Meriam itu pergi dengan sendirinya dan akan kembali dengan sendirinya. Menurut narasumber “meriam itu bukan Raib, atau dicuri orang, melainkan pergi meninggalkan keraton untuk mengatasi sesuatu hal atau peristiwa, tapi bila sudah sampai waktunya ia akan kembali dengan sendirinya.

Selain benda di atas, Pusaka Keraton Sambas masih banyak sekali diantaranya tempat tidur Raja, kaca hias, seperangkat alat untuk makan sirih, pakaian kebesaran Sultan, payung ubur-ubur, tombak canggah, meriam beranak, pedang Sultan, tempayan keramik dari Cina dan kaca kristal dari Inggris dan Belanda. Referensi (Raden Dewi Kencana, Ratu Keraton Sambas)





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...