Senin, 07 September 2015

7 Minuman Terpavorit di Sambas


7 Minuman Terpavorit di Sambas
Air Kelapa
7 Minuman Terpavorit di Sambas banyak sekali macam dan jenisnya. Ketika mereka selesai makan, mereka akan memesan minuman untuk menyegarkan kerongkongan mereka. Ketika jam istirahat siang, para pegawai menuju antin atau warung makan. Ada salah satu warung makan yang murah di Sambas tidak jauh dari pertigaan Sambas menuju jalan ke kantor Bupati. Pada warung itu kita melayani diri kita sendiri, begitualh yang penulis alami. Setelah itu pelayan yang akan menghitung jumlah uang yang harus kita bayar ke kasir.

Setelah melakukan perjalan panjang, dapat disimpulkan 7 minuman terpavorit yang sering diminum di Sambas, diantaranya ialah;
  1. Air Tawar
Air tawar didefenisikan dengan air serapah jampi. Akan tetapi yang penulis maksudkan disini adalah air putih yang dicampur dengan es batu. Terkadang hanya minum air putih saja tanpa es batu.  
  1. Air Kelapa
Air kelapa tidak kalah enaknya dengan air yang lain. Lain kelapa sangat digemari oleh masyarakat Sambas, apalagi pada saat bulan puasa, banyak air kelapa yang dipesan oleh masyarakat untuk berbuka puasa.
  1. Air Cendol
Air cendol atau es campur sangat digemari oleh ibu-ibu atau anak-anak. Es cendol ini disamping rasanya enak dan menyegarkan, ia juga memenuhi serat yang banyak. Karena berbagai campuran ada di sana.  
  1. Air Jeruk
Air jeruk kecil banyak digemari oleh penduduk Sambas. Karena rasanya yang asam dapat menghilangkan bau amis selesai makan. Di rumah biasanya air jeruk dibuat dan diperas untuk minum disiang hari.
  1. Air Nenas
Air nanas yang sudah diblender hingga halus dan diberi sedikit air dan gula juga sangat digemari oleh orang-orang. Nenas yang diolah biasanya yang sudah matang, apalagi nenas paon rasanya yang manis dan enak sekali.
  1. Air Mangga
Air mangga yang manis sangat digemari. Mangga dipotong-potong kecil kemudian diblender halus. Setelah itu diberi es batu agar segar dan dingin siap untuk diminum selesai makan siang. Setelah habis satu gelas ingin nambah lagi. Biasanya mangga yang digunakan adalah mangga harum manis, mangga koini, mangga pisang dan lainnya.   
  1. Air Es Parut
Air es parut, es parut atau es nona dengan warnanya yang khas yaitu pink. Biasanya es parut ini dijual oleh masyarakat dengan keliling-keliling kampung dengan harga yang terjangkau. Satu gelasnya biasanya penjual hargai dengan 2000 rupiah.

Nah, itulah 7 minuman terpaporit di Sambas meskipun banyak lagi minuman yang lain, misalnya ekstrajos, susu, kopi, coklat, dan yang lainnya. Ketujuh air tersebut juga akan kita dapatkan di kabupaten lain.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...