Sabtu, 05 September 2015

7 Daya Tarik Tentang Sambas



7 Menarik Tentang Sambas
Istana Sambas Alwatzikoebillah
7 Menarik Tentang Sambas perlu kita ketahui. Selama ini ita hanya disuguhan dengan keunian atau keistimewaan negeri orang. Sedangkan keunikan atau keistimewaan negeri kita sendiri kita tidak mengetahuinya. Dan mungkin ada yang mengetahunya akan tetapi tidak memperdulikannya. Disini penulis mencoba untuk mengangkat 7 menarik tentang Negeri Sambas agar sediit banyak masyarakat luas dapat mengetahuinya.  
 
Berikut 7 Menarik Tentang Sambas yang perlu diketahui:


  1. Istana Sambas Alwatzikoebillah
Istana Alwatzikoebillah merupakan Istana Kesultanan Sambas yang menjadi pusat pemerintahan di Sambas hingga berakhirnya kekuasaan kesultanan. Istana Alwatzikhoebillah yang terlihat sekarang ini, baru dibangun pada masa pemerintahan Sultan Muhammad Mulia Ibrahim Syafiuddin (1931-1943), sultan ke-15 Kesultanan Sambas.
  1. Danau Sebedang
Untuk menuju ke Danau Sebedang bagi wisatawan dapat menepuh jalan darat dengan rute perjalanan Pontianak-Singkawang dan Sambas. Danau Sebedang terletak  di dua desa yaitu Desa Sebedang Kecamatan Tebas dan Desa Sepuk Tanjung Kecamatan Sebawi. Lokasi danau sebedang sangat mudah dikunjungi karena tidak jauh dari jalan lintas utama menuju Kota Sambas.
  1. Tugu Jeruk Terbesar
Tugu Jeruk merupakan bangunan unik yang dibangun pada zamannya, karena pada saat itu seorang penguasa lebih sering membangun Tugu atau Prasasti untuk mengenang suatu hal. Karena keunikan dan sejarahnya, tak heran jika tugu ini dijadikan sebagai maskot Kota Tebas.
  1. Pantai Temajuk
Temajuk merupakan desa yang berada di sebelah utara bagian barat pulau Kalimantan, hanya berjarak 4 kilometer dari Telok Melano, Malaysia. Desa ini secara administatif berada di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Desa ini memiliki garis pantai sangat panjang yakni sekitar 60 kilometer, terhampar sepanjang pesisir menuju Desa Temajuk yang kerap dikunjungi penyu untuk bertelur.
  1. Pantai Puteri Serai atau Pantai Putri Serayi
Keindahan Bebatuan Gunung dan Hamparan Pasir Putih. Pantai Putri Serayi
termasuk salah satu objek wisata di Kabupaten Sambas.
  1. Jembatan Batu
Jembatan Batu Sambas Peninggalan Zaman Belanda. Jembatan Sambas amat terkenal dan menjadi penghubung antar kota dikawasan selatan propinsi Kalimantan Barat.
  1. Jembatan Sabbok
Gerattak Sabbo' (Jembatan Sabbo') merupakan peninggalan warisan sejarah
kerajaan Sambas tempo dulu yang hilang di telan zaman kemodern di era Bupati Juliarti. Sekarang Jembatan Sabbok hanya tinggal namanya saja.

Selain 7 yang menarik mengenai negeri Sambas ini, masih banyak lagi tempat-tempat atau kampung yang menarik di kota Sambas yang dapat diexpos atau perlu dietahui keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...