Senin, 07 September 2015

7 Makanan Khas Sambas


7 Makanan Khas Sambas
Bubur Paddas
7 Makanan Tradisional Khas Sambas yang banyak diminati oleh orang-orang melayu Kalimantan Barat hususnya Sambas. Tak luput pula tamu yang datang dari daerah Jawa atau pemerintah dari Dinas Pendidikan daerah Jawa. Makanan khas Sambas itu banyak sekali macam dan jenisnya, dan semuanya enak-enak belaka. Jika kita sudah mencicipi sekali, pastinya kita kepengen lagi untuk memakannya. Biasanya makanan itu disajian dalam suatu acara syukuran atau selamatan. Di bawah ini akan penulis sajikan tujuh makanan khas Sambas, meskipun banyak lagi makanan yang lainnya. 

  1. Bubur Paddas
Bubur pedas merupakan makanan khas yang Sambas. Bahan-bahan untuk membuat bubur pedas ini hanyalah sayur-sayuran, misalnya kangkung, dan pakis. Untuk tambahannya yang lain adalah daun kunyit, daun kesum, lappang, kacang, wortel, kacang tanah, ikan teri, ketela pohon atau ketela rambat, serta mumbu yang special.  
  1. Serabi
Searbi terbuat dari tepung beras yang dibuat seperti lempeng dan dimakan dengan kuah (air santan). Serabi biasanya disajikan pada saat 15 hari setelah orang meninggal.
  1. Bubur Ambok
Bubur Ambok adalah bubur nasi yang dicampur dengan sayur. Sayuran itu biasanya pakis dan kangkung. Bubur ambok enak sekali dimakan pada saat pagi hari dengan kerupuk ikan. Bubur ambok ini disajikan lengkap dengan cabe, kecap, dan cuka.
  1. Sop Bandong (mie asin ubi kayu)
Sop Mie Asin atau sop bandong, enak sekali disajikan pada siang hari di kantor atau acara ulang tahun. Bahan-bahan untuk membuat sop bandung ini hanyalah mie asin dan ubi kayu. Rempah yang lain bisa juga di kasih ikan teri goreng, kacang tanah goreng, atau ketela rambat (kemillek).
  1. Nasi Ketan (nasek lammak)
Nasi Ketan atau nasek lammak (bahasa Sambas) enak sekali dimakan dengan air kopi. Biasanya nasi ketan ini dijual sepeotongnya 1000 rupiah, akan tetapi ada juga yang menjualnya hanya 500 rupiah perpotongnya di Sei Kelambu.
  1. Amping atau Cance
Amping atau Emping terbuat dari padi matang yang disanggang setengah matang. Jangan terlalu lama menyanggangnya, nanti bisa menjadi retih (ratteh). Amping atau cance bisa dimakan dengan kuah, bisa juga tidak. Biasanya amping dibuat setelah petani selesai panen.
  1. Nasi Goreng
Nasi goreng banyak sekali macamnya, ada yang bernama nasi goreng mata lembu, nasi goreng istimewa, nasi goreng ayam, nasi goreng telur, dan banyak lagi nama yang lainnya. Yang pastinya nasi goreng enak sekali disajikan kaoan dan dimanapun kita berada.

Nah, itulah 7 makanan khas daerah Kabupaten Sambas, meskipun di Kabupaten lain ada juga makanan yang sama. Misalnya di Singkawang atau pun Bengkayang. Karena Singkawang dan Bengkayang serta Sei Duri adalah Kabupaten Sambas tempo dulu.

Bubur Pedas Khas Sambas (West Borneo) Di Klaim Oleh Malaysia (Sarawak)

Read more: http://www.cakrawawasan.com/2013/06/bubur-pedas-khas-sambas-west-borneo-di.html#ixzz3l3KvF3TI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...