Senin, 14 September 2015

7 Makam Wisata Religi di Sambas


7 Makam Wisata Religi di Sambas
Makam Kesultanan Sambas
7 Makam Wisata Religi di Sambas. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa makam adalah bangunan yang dapat dianggap sebagai salah satu jenis monument atau makam berukuran besar dan biasanya didirikan untuk pemimpin-pemimpin besar, orang-orang yang berilmu. Biasanya juga, makam adalah kata lain dari kuburan, yaitu tempat disemayamkannya seseorang setelah ia wafat. Di antara peninggalan bersejarah di kawasan melayu dengan adanya berupa pemakaman muslim yang dikeramatan oleh penduduk setempat.

Ketujuh makam wisata religi di Sambas tersebut adalah:
  1. Makam Kesultanan Sambas
Kesultanan Sambas adalah kesultanan yang terletak di wilayah pesisir utara Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia atau wilayah barat laut Pulau Kalimantan dengan pusat pemerintahannya adalah di Kota Sambas sekarang. Makam Kesultanan Sambas terdapat di desa Dalam Kaum Sambas, tepatnya dipinggirannjalan raya Sambas (Dalam Kaum).
  1. Makam Dare Nandung Bujang Nadi
Dare Nandung dan Bujang Nadi ini adalah dua beradik, mereka mati dikubur
hidup-hidup oleh ayahnya sendiri (Tan Unggal) karena fitnah. Mereka dikuburkan di puncak bukit sebedang. Sekarang makam itu telah direnovasi menjadi sangat menarik dan betah jika kita jiarah ke makam tersebut.  
  1. Makam Pahlawan Sambas
Makam pahlawan sambas terdapat di Sungai Pinang Kecamatan Sambas. Di makam pahlawan sambas ini terdapat 25 orang pahlawan kemerdekaan sambas yang telah memperjauangkan atau mempertahankan NKRI dari penjajah Belanda ataupun Jepang.
  1. Makam Ratu Sepudak
Makam Ratu Sepudak terdapat di Kota Lama Kecamatan Galing. Diperirakan dari pusat Kota Kabupaten Sambas 20 km. Makam Ratu Sepuda yang terdapat di Kota Lama dari jalan raya, diperkirakan 800 meter masuk ke dalam dengan kondisi jalan setapak. 
  1. Makam Keramat Bantelan
Makam Keramat Bantelan terdapat di Kecamatan Sajat, tepatnya di Desa Kuayan tida jauh dari Dusun Masemat. Jarak tempuh dari Sambas ke Makam Keramat Bantelah seitar 40 menit memakai sepeda motor dengan kondisi jalan yang sangat memadai. Untuk menuju ke Makam Keramat Bantelan tersebut dapat juga melalui sungai dengan menggunakan motor bangkung.
  1. Makam Tok Kullup
Makam Tok Kullup terdapat di Bukit Piantus Desa Sejangkung Kecamatan Sejangkung. Untuk menuju kesana kita melaui jalan setapak dipinggiran sungai Kartiasa. Tok Kulup merupakan tokoh berpengaruh yang sangat dihormati di eranya (era Kesultanan Sambas). Datok Kulub juga merupakan seorang yang gagah berani dan perkasa lagi sakti mandraguna.
  1. Makam Tok Janggut
Makam Tok Janggut terdapat di Desa Pusaka Dusun Sekadim Kecamatan Tebas. Tok Janggut ini memiliki nama asli yaitu “H. Bujang Mansur Akhmad”. Beliau ini selain sakti ia juga seorang pahlawan veteran Sambas. Ia berasal dari keturunan Banjar.

Nah, itulah 7 makam wisata religi di Sambas, banyak orang yang ziarah ke sana, selain dari Istana Kesultanan Sambas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...