Rabu, 16 September 2015

7 Kuburan Terangker Di Sambas


7 Kuburan Terangker Di Sambas
Kuburan Sekadim
7 Kuburan Terangker Di Sambas mungkin banyak sekali, disini penulis hanya memuat tujuh saja. Sebelum kita membahas 7 kuburan terangker di Sambas, penulis defenisikan arti dari “kuburan” tersebut. Kuburan adalah wahana atau tempat pengembalian bentuk bagi jasad bekas manusia ( bangkai ) kembali kepada bentuk semula  “sesuatu sari pati dari tanah “. Kuburan ini merupakan tempat orang yang sudah mati. Apalah arti sebuah kuburan atau makam bagi orang-orang yang tidak memperdulikan hal kematian? Mereka masih asik dengan kemegahan dunia, hingga lupa untuk mencari bekal matinya.

Tujuh kuburan yang angker bukan versi on the spot adalah:
  1. Kuburan Sekadim
Kuburan Sekadim terletak di Desa Pusaka Dusun Sekadim Kecamatan Tebas. Kuburan Sekadim ini merupakan kuburan tua di Desa Pusaka. Kuburan ini berdekatan sekali dengan jalan raya Sekadim. Sehingga setiap orang yang lewat akan melihat nisan dengan jelas. Kuburan Sekadim ini bagi masyarakat Sekadim dan sekitarnya mengatakan kuburan ini angker. Karena setiap malam pasti ada saja orang yang ditakutinya, baik orang kampung itu sendiri ataupun orang dari kampung lain yang masuk ke Desa Pusaka.
  1. Kuburan Buluh Enggadang
Kuburan yang angker nomor dua adalah kuburan Buluh Enggadang yang terletak di Dusun Buluh Enggadang. Kuburan ini dikelilingi oleh pohon sagu yang masih banyak tumbuh diseitarnya. Hantu-hantu di kuburan itu sering menakuti masyarakat yang lewat. Dan kadang-kadang mereka minta gonceng dengan orang yang lewat, baik yang bersepeda atau pun yang bermotor.
  1. Kuburan Perapakan
Sama halnya dengan dua kuburan di atas, kuburan Desa Perapaan ini juga tidak kalah angkernya. Karena kuburan ini tepat sekali dipinggir jalur sutera menuju Sambas atau Singkawang. Dulu jika lewat di kuburan ini harus membunyikan klakson atau salam atau membaca serapah, agar hantu atau penunggu kuburan tidak mengganggu. Berdasarkan cerita dari masyarakat, banyak orang-orang yang lewat telah ditakuti oleh makhluk-makhluk astral di kuburan tersebut.  
  1. Kuburan Mak Panji Tebas Sungai
Kuburan Mak Panji Tebas Sungai juga terbilang angker. Kuburan ini berdekatan dengan jalan raya dan sungai Mak Panji serta Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tebas. Anak-anak atau siswa sekolah tersebut sering kesurupan mendapat ganguan dari makhluk astral kuburan tersebut.
  1. Kuburan Rantau Panjang
Kuburan rantau Panjang juga tidak kalah sereamnya. Banyak orang-orang yang pulang larut malam atau salah-salah waktu (magrib atau subuh, senja) mereka melihat sosok yang cantik, atau sosok yang menyeramkan. 
  1. Kuburan Cina Sebedang
Selain dari kuburan orang-orang melayu, kuburan orang-orang Cina juga sangat seram atau angker. Kuburan Cina Sebedang juga angker, banyak orang yang lewat sering diganggu oleh makhluk halus atau penunggu kuburan tersebut.
  1. Kuburan Cina Pantai Serai Jawai
Kuburan Cina Pantai Selatan di Kecamatan Jawai juga serem dan angker. Karena posisi kuburan di sana dekat sekali dengan jalan desa Jawai Laut. Tidak jauh dari kuburan Cina tersebut terdapat sekolah dasar negeri.

Selain 7 kuburan terangker di sambas tersebut, masih banyak lagi uburan yang angker di kampung atau di kota kecamatan yang lain, misalnya Kuburan Taek Pikkah di Desa Serindang Kecamatan Tebas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...