Selasa, 08 September 2015

7 Keunikan Negeri Sambas


7 Keunikan Negeri Sambas
Kerajaan ghaib di Paloh (Pantai Tanah Hitam)
7 Keunikan Negeri Sambas mungkin seru jika kita mengetahuinya. Dan jia kita belum mengetahuinya, anda akan penasaran...apakah dia yang unik itu? Keunikan atau keanehan dinegeri kita ini sebenarnya banyak sekali, akan tetapi tidak kita rasakan dan tidak kita ketahui keberadaanya. Kita hanya mengetahui keunikan atau keanehan negara lain, ketimbang negeri kita sendiri. Benar kata pepatah “gajah dipelupuk mata tidak kelihatan, sedangkan kutu diseberang lautan terlihat dengan jelas”.

7 Keunikan Negeri Sambas ada di bawah ini:
  1. Adanya kerajaan ghaib di Paloh
Kerajaan alam gaib bernama Negeri Paloh itu sungguh-sungguh ada dalam kenyataan sebenarnya. Sistem pemerintahannya berbentuk kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja bernama Pangeran Sandi.
  1. Adanya adat antar ajong di Paloh
Prosesi Antar Ajong (perahu) dilakukan dengan mengantarkan perahu-perahu
kecil ke tengah laut (pantai) yang di atas perahu tersebut terdapat banyak makanan. ANTAR AJONG merupakan upacara ritual adat untuk menanam padi yang dilaksanakan setiap tahun pada masa bercocok tanam.
  1. Adanya 1 makam dua jasad (Dare Nandung Bujang Nadi)
Dare Nandung merupakan seorang wanita yang sangat baik, tidak sombong, dengan wajah yang sangat cantik dan menawan. Sedangkan Bujang Nadi seorang pria yang baik, gagah dan tampan. Mereka ditanam oleh ayahnya hidup-hidup di Bukit Sebedang dengan satu tiang lahat.
  1. Hilang dan datang meriam di Istana
Benda-benda kuno itu merupakan peninggalan Raden Sulaiman (Sultan Muhammad Safiuddin), hadiah dari mertuanya Ratu Sepudak, berupa 3 meriam tersebut di atas.
  1. Adanya Muara Ulakan yang mistik
Muare Ulakkan terdapat di Sambas simpang tiga depan istana. Menurut
terjadinya muara ulakkan ini adalah si Masam dan si Ribbas membawa batu dari
si Batok.
  1. Hilangnya Jembatan atau Gerattak Sabok
Geratak atau jembatan Sabbo' sekarang hanya tinggal namanya saja. Sedangan yang aslinya telah raib dirobohkan dan diganti dengan yang baru, yang lebih permanent.
  1. Adanya makam Panglima Belanda yang dibagi tujuh
Tubuh Van Den Bost atau OBOS di Bukit Tanjung Batu yang diceritakan sebagai tentara Belanda bengis yang memiliki ilmu Rawarontek, untuk membunuhnya harus memisahkan tubuhnya tanpa setitik darah jatuh ke tanah dan bagian tubuhnya harus dikubur di daratan yang terpisah oleh Laut. Selain Tanjung batu bagian tubuh lainya ada di gunung Kalangbau.

Nah, itulah 7 keunikan tentang negeri ku SAMBAS…. Datanglah SAMBAS ya aku menantimu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...