Selasa, 22 September 2015

7 Keunikan Makam Dare Nandung Bujang Nadi Sambas


7 Keunikan Makam Dare Nandung Bujang Nadi
Makam Dare Nandung Bujang Nadi
7 Keunikan Makam Dare Nandung Bujang Nadi mungkin selama ini belum ada yang mengetahuinya. Atau mungkin saja tidak mau ambil tahu atau ambil pusing serta tidak mempercayainya sama sekali. Maklum sekarang sudah zaman serba modern, jadi yang aneh atau yang mistik itu hanya kebetulan belaka atau hanya sekedar rekayasa semata. Dara Nandung dan Bujang Nadi adalah anak dari Raja Tan Unggal yang kejam masa lalu. Mereka merupakan dua beradik yang telah dibunuh dan ditanam hidup-hidup dipuncak bukit sebedang.

7 Keunikan Makam Dare Nandung Bujang Nadi itu adalah sebagai berikut;
  1. Jumlah anak tangga 100 buah
Jumlah anak tangga yang berjumlah seratus buah dapat berubah jika kita menghitung baik naik atau turun. Contoh: jika kita Naik kita akan mendapatkan nilai 100 anak tangga, akan tetapi jika turun kita menghitung 99 atau 98, jadi kurang 2 buah untuk menjadi 100. apa rahasia dibalik semua itu? Secara teori kita tidak konsen dengan apa yang telah kita hitung, secara mistik ada rahasianya.  
  1. Makam seperti telaga
Posisi makam Dara Nandung dan Bujang Nadi tidak seperti makam yang lainnya. Biasanya makam itu meninggi atau ada gundukannya, akan tetapi keadaan malam Dara Nandung dan Bujang Nadi ini seperti telaga. Biasanya banyak orang meminta barat di makam dara Nandung dan Bujang Nadi dengan menaburkan beras kuning, uang, atau membakar setanggi. 
  1. Ditanam di atas bukit
Makam Dara Nandung dan Bujang Nadi memang istimewa sekali. Entah apa tujuannya Raja Tan Unggal tempo dulu menanam ke dua anaknya di atas bukit Sebedang. Ilmiahnya jika kita pikirkan, buit sebendang itu jangan di hancurkan, jangan diambil tanahnya, agar bukit itu tetap kokoh dan terjaga, harus dilestarikan, jangan diambil batu-batunya. Jika diambil, rasakan akibatnya. 
  1. Kayu bisa memanjang atau memendek atau juga tetap
Jika anda punya niat atau hajat, ambillah kayu sepanjang depa anda. Kemudian kayu itu anda tancapkan ke dalam makam tersebut sambila membaca salawat terlebih dahulu, kemudian ucapkan niat anda di dalam hati. Setelah itu barkan kayu itu terpavang di sana sekitar 5 menit. Kemudian ambillah ayu itu, lalu ukurkan ke depa anda, apakah ayu itu memanajng atau memendek atau tetap.
  1. Makam dikelilingi oleh hutan karet
Posisi makam tepat sekali diatas dan di tengah bukit dengan dikelilingi oleh batang pohon karet. Entah siapa yang menanam, apakah rakyat atau masyarakat di kampung Sebedang atau karet tumbuh dengan sendirinya. Dan ada juga serumpun batang nibung serta rimbunan pohon temiang yang digunakan untuk membuat seruling. Mungkin itu bagian dari buluh perindu.  
  1. Dihiasi dengan warna kuning
Keadaan makan yang cantik dan bagus serta ditata rapi oleh penduduk setepat atau oleh pihak Kecamatan Sebawi. Dengan dihiasi kain berwarna kuning sebagai simbol dari Kerajaan Sambas.
  1. Mengabulkan hajat orang yang datang
Keistimewaan atau keajaiban dari Makam Dara Nandung dan Bujang Nadi (bagi yang mempercayainya “maaf” red), bahwa banyak yang sudah dikabulkan permintaannya. Buktinya ada saja orang-orang yang datang untuk meminta berkah di makam ini.

Nah, itulah 7 keunikan dari Makam Dara Nandung dan Bujang Nadi, untuk anda yang membaca, boleh percaya, boleh juga tidak, tepuk dada tanya selera, “buktian sendiri”. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...