Selasa, 29 September 2015

7 Keramat Tempat minta Berkat di Sambas


7 Keramat Tempat minta Berkat di Sambas
Keramat Bantelan
7 Keramat yang ada di Sambas saat ini mungkin sudah banyak orang yang tidak mengerathuinya, atau mungkin banyak orang yang sudah melupakan keramat. Jika dulu, banyak orang yang mendatangi keramat untuk meminta berkat atau meminta ilmu kesaktian. Saat ini orang yang datang ke keramat sudah mulai menurun. Mungkin keimanan di dalam hati masyarakat Sambas sudah mulai tinggi.

7 keramat yang ada di Sambas diantaranya ialah sebagai berikut: 
1.      Keramat Bantelan
Misterinya makam Keramat Bantilan itu karena belum adanya yang mengetahui siapa makam yang ada di tepi Sungai Kuayan Sajad. Keunikan dari makam keramat bantilan yaitu sebuah pasu atau timpayan kecil warna kuning itu airnya yang tidak pernah habis walaupun sering di gunakan untuk cuci muka serta bagi penziarah untuk menyiram makam tersebut sejak zaman Kerajaan Sambas.
2.      Keramat Sambas
Keramat Sambas merupakan makam-makam Raja Kesultanan Sambas yang terletak di Desa Dalam Kaum. Makam yang pertama kali dimakamkan adalah Permaisuri Sultan. Dalam Cungkup ini terdapat makam-makam keluarga sultan sebanyak 44 buah makam, sedangan disekiatranya masing banyak-makam yang lain (kerabat raja).
3.      Keramat Sejangkung
Keramat yang terletak di Sejangkung adalah keramatnya Tok Kullup. Tok Kulup merupakan tokoh berpengaruh yang sangat dihormati sebagian besar masyarakat  Sambas masa lampau. Selain tingkat ilmunya cukup tinggi, dia juga banyak membantu dalam proses penyebaran ajaran agama Islam di negeri Sambas.
4.      Keramat Lumbang
Lumbang merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Desa ini memiliki luas 40 km2 (16,22% dari wilayah Kecamatan Sambas) dan merupakan desa terluas di Kecamatan Sambas. Di Lumbang ini, khususnya di Sambas, Syeikh Abdul Jalil al-Fathani lebih dikenali dengan sebutan Keramat Lumbang kerana beliau dikeramatkan orang adalah sebagai lambang ketinggian ilmunya hingga kepada ilmu hakikat dan makrifat.
5.      Keramat Batu Bejamban
Keramat Batu Bejamban, demikian nama sebuah lokasi yang terletak di antara belahan sungai–sungai di daerah Paloh, Sambas, lokasi yang  cukup unik dan tidak di huni seorang pun penduduk ini,  para pengunjung dari berbagai daerah dan latar belakang suku dan agama serta merta mendatanginya, seperti yang terlihat di masa libur semesteran, hari minggu malam jumat apalagi menjelang sembahyang kubur bagi orang cina, sangat ramai yang datang untuk minta doa restu serta minta murahkan rezeki.
6.      Keramat Bujang Nadi Dare Nandung
Dibukit Sebedang terdapat tempat dimakamkannya dua insan anak raja, yaitu Raja Tan Unggal. Mereka adalah “Dare Nandung dan Bujang Nadi”. Dare Nandung dan Bujang Nadi ini adalah dua beradik, mereka mati dikubur hidup-hidup oleh ayahnya sendiri (Tan Unggal) karena fitnah. Sejak saat itu hingga kini, makam Dara Nandung dan Bujang Nadi dikeramatkan oleh orang Sambas.
7.      Keramat Teluk Keramat
Menurut kisah yang disampaikan oleh Ibu Nani Roziah (65) warga tua di Desa Sekura, dahulu kala ketika Kesultanan Sambas masih berjaya, Desa Sekura masih berupa hutan belantara di sebagian besar wilayahnya dan hanya ada sedikit orang yang tinggal di desa ini. Pada suatu hari, sepasang suami istri asal Sambas, Wan Alif dan Tan Jaliah (kakek dan nenek narasumber), merupakan salah satu pionir waktu itu, membuka lahan untuk membuat ladang di daerah yang sekarang disebut dengan nama Jalan Keramat. Di tengah penebangan hutan dan pembersihan lahan, suami istri itu menemukan satu buah guci berornamen naga melingkar berwarna keabu-abuan, maka diambillah guci tersebut dan dibawa pulang untuk dibersihkan dan disimpan.

Nah, itulah tujuh keramat yang ada di Kabupaten Sambas, Propinsi Kalimantan Barat. Dan mungkin masih banyak lagi keramat-keramat yang tidak penulis ketahui. Lebih kurangnya penulis mohon maaf, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua, khususnya penulis sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...