Rabu, 30 September 2015

7 Keistimewaan Tentang Sambas


7 Keistimewaan Tentang Sambas
Penduduk atau masyarakat Sambas
7 keistimewaan tentang Sambas bukan hanya sekedar isu atau pun goresan semata. Keistimewaan itu bisa dianggap istmewa jika kita betul-betul mengalaminyab atau menyaksiannya sendiri. Jika ada yang tidak percaya, datang saja ke Sambas dalam artian lain Kabupaten Sambas. “dimana langit kami junjung, disitu bumi kami pijak, biar mati anak, jangan sampai mati adat” itulah semboyan atau pepatah “melayu Sambas”. Mungkin melayu lain pun demikian juga halnya, misalnya Melayu Riau, Malaysia, Jambi dan lainnya. “Jangan coba mengosek sarang tabuan, nanti kita yang akan dihalaunya, jangan disangka air yang tenang tidak ada buaya”, itu juga salah satu dari pepatah Melayu Sambas. 

7 keistimewaan mengenai Sambas ini, adalah sebagai berikut:
1.      Penduduknya yang ramah dan sopan
Penduduk kota sambas atau Kabupaten Sambas itu multi etnis, namun yang pastinya dominan tiga itu, yaitu Dayak, Melayu dan Cina. Makanya ada “sambas” dalam artian tiga bangsa suku.
2.      Kotanya bersih dan menyenangan
Kota Sambas yang bersih dan menyenangkan, alam yang indah dan permai serta berbatasan langsung dengan negeri jiran, yaitu Malaysia Timur. Jika kita santai sore hari di depan istana sambil menimati matahari tenggelam. Oh indahnya pemandangan dikala itu.
3.      Berbatasan langsung dengan luar negeri
Sebagaimana yang telah disingung di atas tadi, bahwa Kabupaten Sambas ini berbatasan langsung dengan Malaysia Timur. Jadi masyarakat Sambas tidak jauh-jauh lagi untuk pergi ke Malaysia, lewat Arok juga sudah bisa. Biaya tidak terlalu mahal jika ingin pergi ke Malaysia, serta pembuatan paspor juga mudah. Bagi penduduk yang berada diperbatasan, mereka juga sudah menggunakan uang ringgit sebagai alat tukar barang.  
4.      Sambas pernah dipimpin oleh seorang wanita
Kabupaten Sambas pernah di pimpin oleh seorang perempuan yang menjadi bupatinya, yaitu Ibu dr. Hj. Juliarti Djuhardi Alwi, M.P.H. beliau seorang yang pekerja berat, ulet dan cekatan. Memimpin dengan bijak dan ulung serta dermawan.
5.      Memiliki 7 pantai yang indah
Kabupaten Sambas mempunyai tujuh pantai yang indah-indah, diantaranya ialah sebagai berikut: 1. Pantai Polaria Selakau, 2. Pantai Sinam Pemangkat, 3. Pantai Serayi Jawai, 4. Pantai Tanah Hitam Paloh, 5. Pantai Selimpai Paloh, 6. Pantai Temajuk Paloh, 7. Pantai Kahona Jawai. Dan masih ada lagi pantai-pantai yang lainnya.  
6.      Adanya kerajaan atau negara di alam ghaib
Di Kabupaten Sambas terdapat sebuah kerajaan ghaib sampai sekarang. Anda boleh percaya, juga boleh tidak. Kerajaan ghaib tersebut terdapat di Kecamatan Paloh. Jika anda berminat untuk melihatnya, datang saja ke Kecamatan Paloh, kami menunggu kedatangan anda di sana.
7.      Hasil perkebunan yang melimpah
Hasil perkebunan saat ini yang melimpah di Kabupaten Sambas adalah sawit, karena saat ini banyak hutan yang ditebangi oleh pendudu atau dari perusahaan luar yang menebangi hutan untuk dijadikan perkebunan sawit. Selain sawit juga terdapat perkebunuan jeruk di MJL (Mitra Jeruk Lestari) di Boga Sempalai Kecamatan Sebawi.

Itulah tujuh istimewaan mengenai Kabupaten Sambas, selain tujuh tersebut, masih banyak lagi keistimewaan yang lainnya. Kita dapat menilai jika kita sudah berkunjung ke Sambas. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...