Selasa, 29 September 2015

7 Ikan Yang Tidak Ada Di Sambas


7 Ikan Yang Tidak Ada Di Sambas
Ikan Piranha
7 ikan yang tidak ada di Sambas bukanlah suatu yang mustahil. Tujuh ikan itu memang benar-benar tidak ada di Sambas. Ikan banyak sekali di Sambas, misalnya ikan battok, ikan ruan, ikan sampol, ikan seluppek garam, ikan toman, ikan tapah, dan banyak lagi ikan yang lainnya, bahkan jallu (buaya) pun ada. Mengenai tujuh ikan yang tidak ada di Sambas itu misalnya ikan piranha, ikan salmon, ikan hiu, ikan paus, ikan duyung, ikan cumi-cumi, dan ikan tuna, serta banyak lagi ikan yang lainnya. Mengapa tidak ada ikan itu di Sambas? Karena ikan-ikan tersebut merupakan ikan dari luar negeri.

Inilah ke tujuh ikan-ikan tersebut: 
1.      Ikan Piranha
Ikan piranha ini berukuran besar bahkan terbesar di dunia. Karena ukurannya inilah sehingga ikan ini pun mampu memangsa seekor buaya. Giginya super tajam, jumlahnya ada 32. Panjang badannya 1,5 meter, beratnya sekitar 45 kilogram. Ikan ini punya gigitan yang sangat kuat dan bisa memangsa apa pun yang seukuran dirinya, menyerang manusia, dan bahan bisa mencabik-cabik buaya.
2.      Ikan Salmon
Ikan Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili dari Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adalah ikan Trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik.
3.      Ikan Hiu
Ikan Hiu adalah sekelompok (Superdo Selachimorpha) ikan dengan kerangka tulang rawan yang lengkap dan tubuh yang ramping. Mereka bernapas dengan menggunakan lima liang insang (kadang-kadang enam atau tujuh, tergantung pada spesiesnya) di samping, atau dimulai sedikit di belakang, kepalanya.
4.      Ikan Paus
Paus atau lodan (khusus yang bergigi dan bukan berukuran kecil) adalah sekelompok mamalia yang hidup di lautan. Sebutan "paus" diberikan pada anggota bangsa Cetacea yang berukuran besar. Paus bukan tergolong dalam keluarga ikan.
5.      Ikan Duyung
Ikan Duyung atau dugong (Dugong dugon) adalah sejenis mamalia laut yang merupakan salah satu anggota Sirenia atau lembu laut yang masih bertahan hidup selain manatee. Duyung bukanlah ikan karena menyusui anaknya dan masih merupakan kerabat evolusi dari gajah.
6.      Ikan Cumi-cumi
Cumi-cumi adalah kelompok hewan cephalopoda besar atau jenis moluska yang hidup di laut. Nama itu “cephalopoda” dalam bahasa Yunani berarti "kaki kepala", hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala. Seperti semua cephalopoda, cumi-cumi dipisahkan dengan memiliki kepala yang berbeda.
7.      Ikan Tuna
Tuna adalah ikan laut pelagic yang termasuk bangsa dari Thunnini, terdiri dari beberapa spesies dari famili skombride, terutama genus Thunnus. Ikan ini adalah perenang andal (pernah diukur mencapai 77 km/jam).

Banyak lagi ikan-ikan yang lainnya yang tidak ada di Kabupaten Sambas. Sedangkan ikan-ikan dari Sambas yang memenuhi jalur pasar internasional adalah ikan udang atau lobster, ikan betutu, dan ikan belidak.     

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...