Selasa, 08 September 2015

7 Gunung yang Mistik di Sambas


7 Gunung yang Mistik di Sambas
Gunung Gajah (Pemangkat)
7 Gunung yang Mistik di Sambas yang harus diketahui oleh para pelajar saat ini, khususnya pelajar sekolah dasar atau pun sekolah menengah pertama. Dan mungkin pula anak-anak pelajar sekolah menengah pun tidak mengetahuinya. Disini penulis mencoba untuk menyuguhkan sebuah artikel yang berjudul “7 Gunung Mistik di Sambas” dengan sangat sederhana sekali. Gunung atau bukit di Sambas lumayan banyak, disini penulis hanya membicarakan tentang 7 bukit atau gunung saja.

Dibawah ini merupakan 7 Gunung Mistik yang ada di Sambas:   

  1. Gunung Gajah (Pemangkat)
Kota Pemangkat mempunyai sebuah gunung yang unik, biasanya gunung itu dinamakan Gunung Gajah. Mengapa disebut orang dengan nama “gunung gajah?” Karna bentuknya yang menyerupai gajah berbaring atau duduk itu, ujung belalainya sampai di tanjung batu. Bagi Anda yang datang ke Pemangkat, tidak sah rasanya kalau tidak berkunjung ke puncak Gunung Gajah. Karena puncak gunung ini tidak kalah cantiknya dengan gunung Sari di Singkawang. Kemistikan dari gunung ini adalah “konon gunung gajah ini merupakan gajah raksasa yang dikutuk oleh dewata”
  1. Gunung Selindung (Salatiga)
Gunung Selindung yang terletak di Kecamatan Selakau (dulu) sekarang Kecamatan Salatiga Kabupaten Sambas yang dikelilingi oleh laut. Di gunung tersebut terdapat air terjun yang yang cantik. Kemistikan dari gunung ini “konon di air terjun ini dahulunya tempat pemandian tujuh puteri (bidadari) dari langit atau kayangan untuk mandi disana pada saat hujan panas turun”. Air Terjun Gunung Selindung merupakan tempat wisata alam dengan topografi alam gunung yang terjal dan mendaki.
  1. Gunung Pelanjau (Tebas)
Gunung Pelanjau terdapat di Desa Pelanjau Kecamatan Tebas. Dahulu kala di gunung ini bermukimlah sebuah keluarga kecil yang bernama Nek Jage. Kemistikan dari Gunung ini adalah adanya batu Nek Jage yang terdapat ditengah Sungai Sebangkau merupakan jelmaan dari Nek Jage tersebut.
  1. Gunung Senujuh (Paloh)
Gunung Senujuh terletak di Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas.
Luasnya 585,90 hektar dengan panjang 12.628, 50 meter yang diapit tiga anak sungai, yakni Sungai Sambas, Senujuh, dan Perigi Piai. Emistikan dari gunung senujuh ini adalah gunung ini dijaga atau jelmaan dari 7 puteri yang melawan duate dari Sekadim untuk membuat gunung.
  1. Gunung Puteri Serai (Jawai)
Keindahan bebatuan Gunung Puteri Serayi dan hamparan pasir putih. Pantai Putri Serayi termasuk salah satu objek wisata di Kabupaten Sambas. Kemistikan dari Gunung Puteri Serayi ini “konon digunung ini hiduplah Puteri Serayi hingga sekarang yang menguasai gunung tersebut dan wilayah sekitarnya yaitu Pantai Serayi.
  1. Gunung Sebatok (Sebawi)
Gunung Sebatok adalah sebuah batu besar yang berasal dari Desa Sebatok. Sedangkan di sebelah barat berdiri dengan kokohnya Gunung Puteri Serai. Yang mengandung mistiknya adalah berdasarkan cerita rakyat batu-batu Gunung Sebatuk runtuh ke Sungai yang kalah diterjang Gunung Senujuh tempo dulu.
  1. Gunung Mungguk Babi (Sebawi)
Gunung atau Bukit Mungguk Babi terletak di Desa Sempalai kurang lebih 4000 km dari jalan raya Sempalai. Konon di Mungguk Babi ini terdapat babi raksasa yang sering menampakkan wujudnya pada saat hujan panas atau jelang-jelang waktu, misalnya sore-sore menjelang magrib, atau siang hari. Banyak oarng yang sudah pernah melihat wujud dari duate babi tersebut.

Nah, itulah 7 gunung atau bukit yang mempunayi mistik di Kabupaten Sambas, dan banyak lagi bukit atau gunung yang ada di Sambas yang mempunyai cerita yang aneh. Sebenarnya jia bicara soal gunung, di Sambas ini tidak ada gunung, yang ada hanyalah bukit saja dalam pelajaran ilmu alam atau geografi. Disebut gunung apabila membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...