Selasa, 08 September 2015

7 Dari 21 Pahlawan Sambas


7 dari 21 Pahlawan Sambas
Tugu Pahlawan Sambas
7 dari 21 Pahlawan Sambas yang terkenal di Sambas, akan tetapi banyak anak sekolah dasar, sekaaolah menengah atau menengah atas tidak mengetahuinya. Hari 10 November sebagai hari pahlawan para instansi pemerintah akan datang ke makam pahlawan Sambas yang berada di Sungai Pinang untuk tabur bunga. Mungkin dari pihak keluarga juga begitu datang setahun sekali ke makam pahlawan. Apalagi anak didik yang baru sekarang ini. Kepada mereka tidak pernah dikenalkan akan pahlawan Sambas itu sendiri. Yang mereka kenal hanya tokoh kartun, seperti Saum The Shep, Barby, Boboboy, Upin dan Ipin, dan banyak tokoh kartun lain yang mereka ketahui.

Dibawah ini merupakan 7 tokoh pahlawan yang hebat dan andal selain tokoh atau pahlawan yang 21 orang nama yang tertulis dinisan mereka. Dan mungkin banyak lagi pahlawan Sambas yang hebat dan ternama yang penulis tidak ketahui keberadaannya. Karena kurangnya ilmu penulis dan kurangnya datang yang penulis peroleh baik cetak maupun narasumber yang asli.

  1. Loegimin
  2. Saad
  3. M. Fahri bin Sattok
  4. Hasan
  5. Tabrani
  6. Zainuddin
  7. Sapali

Tidak banyak sejarah yang penulis ketahui tentang ketujuh orang tersebut, yang pastinya mereka adalah pejuang yang telah mempertahanan kemerdekaan Republik Indonesia ini dari penjajah baik Belanda ataupun Jepang. Mereka telah banyak mengorbankan harta dan benda serta nyawa mereka demi Sambas (Indonesia). Tempo dulu sebenarnya berita proklamasi kemerdekaan Indonesia sebetulnya telah diketahui beberapa orang penduduk di Sambas melalui siaran radio Serawak Malaysia Timur. Karena tentara Jepang masih berada di daerah itu, berita penting tersebut hanya menyebar kepada seorang perseorangan saja. Banyak pahlawan yang telah berjuang demi Indonesia yang patut kita banggakan dan kita contohi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...