Senin, 07 September 2015

7 Batu Termistik di Sambas


7 Batu Mistik di Sambas
Batu Ballah
7 Batu Mistik di Sambas. Apakah anda mengetahui tentang “7 Batu Mistik di Sambas?” mungkin anda tidak mengetahuinya atau mungkin tidak pernah mendengarnya sama sekali. Sambas beberapa bulan yang lalu, telah demam batu, banyak orang mencari batu kecubung dan batu yang lainnya. Batu Kecubung yang mereka cari banyak sekali mereka temukan di Desa Sempalai Kecamatan Sebawi. Satu ketulnya atau bongkahannya biasanya mereka jual 100 ribu rupiah dan bahkan jutaan rupiah.

Mengenai judul di atas “7 Batu Mistik di Sambas”, mari kita lihat di bawah ini: 
  1. Batu Ballah
Batu Ballah merupakan sebuah dongeng atau lagenda yang berasal dari daerah Sambas atau Kabupaten Sambas. Cerita Batu Ballah ini berasal dari daerah Pemangkat sekarang. Cerita Batu Ballah ini menceritakan seorang ibu yang dimakan oleh Batu Ballah karena kemponan ikan tembakul. Konon menurut cerita, si anak tidak menyisakan buat si ibu. Jadi si ibu merajuk, dan pergi ke pantai Tanjung Batu. Dan memohon pada Batu Ballah agar dimakan. Akhirnya Batu Ballah memakan si Ibu hingga rambutnya yang tersisa.
  1. Batu Bejamban
Batu Bejamban ini berasal dari daerah Paloh, Batu Bejamban ini mempunyai hubungan yang erat sekali dengan cerita Batu Layang di Pontianak. Batu Bejamban ini mistiknya selalu saja basah dan selalu saja ada terdengar bunyi orang mandi. 
  1. Batu Canggar
Batu Canggar terdapat di Kecamatan Jawai dekat Pantai Serayi. Batu Canggar ini dinamai Batu Canggar karena seperti alat kelamin laki-laki yang sedang tegang *maaf*.
  1. Batu Lappak
Batu Lappak terdapat di Kecamatan Jawai berdekatan dengan Batu Canggar. Batu Lappak ini sangat besar sekali seperi jejak kaki gerhasi di atas batu di atas bukit. TIM PMR SMAN 2 Tebas telah datang ke sana pada tahun 2005.
  1. Batu Sebatok
Batu Sebatok adalah sebuah batu besar yang berasal dari Desa Sebatok (sekarang). Batu tersebut telah diambil oleh si Masam dan si Rabbas. Kemudian batu itu tenggelam di Muara Ulakkan Sambas.
  1. Batu Tarub
Batu Betarub adalah tarub yang sudah menjadi batu. Menurut cerita bahwa pada jaman dahulu di hulu Sambas terdapat sebuah kampung yang sedang melakukan acara kenduri. Dikampung itu ada sebuah keluarga yang miskin. Si miskin itu tidak diundang oleh para orang kaya, namun hanya dihina dan di caci. Singkat cerita, si miskin tidak terima dan melepaskan kucing yang sudah dihiasi terlebih dahulu. Melihat si kucing yang cantik dan melompat serta menari, tamu-tamu tertawa terbahak-bahak, dan berbunyilah lentar. Mereka semua dipanah lentar dan menjadi batu.
  1. Batu Musika Bintang
Batu Mustia Bintang adalah sebuah batu yang jatuh dari langit pada jaman kekuasaan Ratu Sepudak di Kota Lama. Batu Mustika Bintang menjadi rebutan beberapa kerajaan di masa itu, termasuklah raja dari Jawa yaitu Raja Prabu Kertarajasa Jayawardana.

Nah, itulah 7 cerita batu mistik yang berada di Sambas hingga sekarang kita tadak tahu kebenarannya. Wallahu aklam bissawab....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...