Rabu, 23 September 2015

7 Arti dari Keunikan Keraton Sambas


7 Arti dari Bangunan Keraton Sambas
Lambang Kuda Laut
Siapa yang tidak mengetahui dengan istana atau Keraton Kesultanan Sambas? Posisi atau kedudukan Istana Kesultanan Sambas tepatnya disimpang tiga sungai atau muara sungai yang disebut dengan “Muara Ulakkan”.  Sebenarnya pada istana ini terdapat suatu mistik atau kiasan atau makna yang terdapat pada bangunan istana. Banyak dari orang-orang tua apalagi anak didik yang tidak mengetahuinya. Bangunan apakah yang mempunyai mana itu, dan dimana letaknya?

Mengenai tujuh arti dari bangunan Keraton Sambas akan dipaparkan satu persatu, diantaranya ialah, sebagai berikut;

  1. Atap bangunan yang berbentuk Segi Delapan itu memiliki makna delapan arah mata angin.
  2. Delapan jendela-nya menandakan arah angina, tapi terkadang jendela jendela tersebut memberikan tanda atau alamat. Bila tujuh jendela tertutup, dan satu jendela akan terbuka dengan sendirinya, bermakna ada sesuatu yang perlu dikhawatirkan, begitu seterusnya. Yang mana tanda tanda tersebut terasa mustahil bagi sebagian orang yang sudah fanatic pada agama. Disisi kanan halaman istana terdapat sebuah mesjid yang juga bersamaan dibangun dengan keraton,mesjid ini diberi nama Mesjid Jami’ (artinya Mesjid Agung).
  3. Didepan samping pagar istana terdapat bangunan tempat meletakan Beduk. Beduk itu dilingkari dengan emas, tulang belulang monyet yang berwujud puteri. Lingkaran beduk tersebut yang terbuat dari emas, tulang belulang monyet yang berwujud puteri itu, melambangkan Kejayaan Islam di Sambas.
  4. Sementara ditengah lapangan depan Keraton, berdiri tegak Tiang Bendera yang berbentuk tiang layar kapal. Tiang ini menandakan kejayaan Keraton Sambas dari bidang Maritim pada masa Panglima Anom.
  5. Dibawahnya terdapat tiga meriam yang berasal dari Belanda dan Inggris. Tiga Meriam tersebut melambangkan dulunya Keraton Sambas menjadi pusat pemerintahan dari Tujuh Keraton di Kalimantan Barat.
  6. Keraton yang berada diMuara Ulakan ini (Sambas) juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Dimana Posisi Bangunan Keraton Yang Menghadap Sungai tersebut, melambangkan atau mencirikan bahwa jalur transportasi zaman dahulu melalui sungai adanya.  
  7. Lambang Kuda Laut di atas atap keraton menandakan atau melambangan bidang yang menyokong perekonomian keraton saat itu adalah bahari.

Nah, itulah tujuh arti dari bangunan Keraton Sambas yang dapat penulis sampaikan, mungkin ada makna yang lain lagi dari yang tujuh tersebut dari bangunan Istana Kesultanan Sambas ini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...