Minggu, 23 Agustus 2015

Doa Upacara Bendera


Doa Upacara Bendera, atau contoh Bacaan Doa Upacara Bendera Hari Senin disajikan secara singkat agar pada saat membacanya anak-anak lidahnya tidak terkeseleo. Kadang-kadang anak itu membacanya sangat cepat dan tanpa intonasi, tidak memperatiakn tanda baca (titik, koma dan sebagainya). Padahal ibu guru atau bapak guru setiap waktu upacara selalu mengingatkan mereka, baik dalam hal membaca doa, penggerak bendera, pembaca acara, semuanya disinggung, agar kedepannya akan lebih baik lagi. Dibawah ini adalah Contoh Bacaan Doa Upacara Bendera Hari Senin, silakan membaca.

BISMILLAHI ROHMANIRROHIM,
ALHAMDULILLAHI ROBBIL ALAMIN,
WAS-SHOLATU WAS-SALAMU ALA ASROFIL AMBIYA IWAL MURSALIN
WA’ALA ALIHI WASOHBIHI AJMAI’IN

YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PEMBERI RAHMAT,
KUCURKANLAH RAHMAT, TAUFIK DAN HIDAYAH-MU KEPADA KAMI,
SEHINGGA UPACARA INI BERGUNA BAGI KAMI,
DAN MENJADIKAN KAMI MANUSIA YANG BERMARTABAT.

YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PENGAMPUN, AMPUNILAH SEGALA DOSA DAN KESALAHAN KAMI, DAN JADIKAN KAMI ORANG-ORANG YANG SELALU BER-ISTIRFAR KEPADA-MU.

YA ALLAH, TUHAN YANG MAHA PEMBERI PETUNJUK, TUNJUKKANLAH KEPADA KAMI JALAN KEBENARAN, DAN JAUHKAN KAMI DARI JALAN KESESATAN.

ROBBANA ATINA FITDUNYA HASANAH, WAFIL AKHIROTI HASANAH, WAQINA AZA BANNAR, WALHAMDU-LILLAHI ROBBIL ALAMIN.   

Nah, itulah contoh bacaan doa Upacara Bendera Hari Senin. Doa tersebut mungkin agak pendek, akan tetapi doa tersebut juga dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan kita (sekolah). Mengapa penulis menyajikan yang pendek? Karena anak sekolah dasar petugasnya kadang-kadang mulai dari kelas 4. jika panjang-panjang, ia membaca doanya bias belepetan, apalagi jika ada tulisan arabnya yang ditulis latin. Sebutannya biasanya kurang jelas dan mungkin agak salah. Dengan alas an seperti itulah makanya doa ini agak diperpendek.

Di dalam doa tersebut, kita mohon pada Allah “Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Rahmat, kucurkanlah rahmat, taufik dan hidayah-Mu kepada kami, sehingga upacara ini berguna bagi kami, dan menjadikan kami manusia yang bermartabat. Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dan jadikan kami orang-orang yang selalu ber-istirfar kepada-Mu. Ucapan doa tersebut selalu kit abaca setiap hari Senin pagi. Semoga apa yang selalu kita doakan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, selalu didengar dan dikabulkanNya. Lalu kita tutup dengan doa sapujagat, agar kita mendapatkan kebahagiaan di dunia dan diakhirat. Sehat jasmani maupun sehat rohani, bahagia hingga ke anak cucu. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...