Selasa, 07 Juli 2015

Kultum Malam Lailatul Qadar


Kultum Malam Lailatul Qadar, Auzubillahimnassaitonirrojim, Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh. Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang dibahagikan oleh Allah SWT. Malam ini adalah malam kedua puluh kita melaksanakan sholat sunat tarawih dan witir serta tadarus. Judul kultum saya beri judul dengan “mengintai malam lailatul qadar”, namun sebelumnya saya akan mengatakan bahwa pahala sholat tarawih malam ini adalah (Klik di sini “Fadilah Sholat TarawihMalam Kedua Puluh 1434 H”).    

Para jamaah sholat Isya, Tarawih dan Witir yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT, pada malam bulan Ramadhan ini ada suatu malam yang paling mulia yaitu “lailatin mubarokatin malam lailatul qadar”. Yaitu malam yang penuh berkah dan penuh kemuliaan, ketinggian. Karena malam itu Al-Quran diturunkan. Lalilatul Qadar adalah malam yang penuh berkah, Allah SWT telah berfirman dalam Surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan*. dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 1-5).
Keterangan*: Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr, yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al- Quran.

Para jamaah yang diberkati oleh Allah SWT, malam lailatul qadar itu sama nilainya dengan malam seribu bulan. Jatuhnya malam lailatul qadar tidak dapat untuk diramal atau dipastikan. Namun sebagian ulama berpendapat, katanya malam ganjil-ganjil kesepuluh yang terakhir. Malam-malam yang ganjil itu adalah, malam ke 21, 23, 25, 27, dan 29. Namun yang penting dan pasti malam lailatul qadar itu ada, bila atau kapan turunnya tidak seorangpun yang tahu, dan tidak perlu kita risaukan, yang penting beramallah sebanyak-banyaknya di malam itu. Pada malam lailatul qadar itu penuh dengan bermacam-macam ibadah seperti tarawih, tadarus, sholat tahajud, dan lain-lain sebagainya.

Demikianlah kultum pada malam ini yang dapat saya sampaikan. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Amin.... Wasalamualaikum Warohmatullahi Wabarkatuh....
    
Sumber/Daftar Pustaka:
  1. Mahfudli Sahly. 1995. Pedoman Khutbah Jum’at dari Masa ke Masa. CV. Aneka Solo.
  2. Sugianto, S.Pd.I. 2000. Kumpulan Ringkasan Kultum. CV. Contras Singkawang.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...