Kamis, 16 Juli 2015

Kata minta maaf atas dosa di hari Idul Fitri


Kata minta maaf atas dosa yang di buat dengan idul fitri ini semoga di hapuskan. Ucapan atau kata hari raya Idul fitri atau hari lebaran akan selalu diungkapkan, selalu di ucapkan pada saat menyambut hari kemenangan yang penuh berkah, rahmah dan nikmah ini pada setiap tahunnya. Hari kemenangan ini selalu diperingati oleh seluruh umat Islam yang ada di belahan dunia ini. Selama ini, selama sebulan penuh pada bulan Ramadhan atau pada bulan Puasa kita telah diuji dalam kesabaran. Alangkah bahagianya kita semua, karena kita bisa menyelesaikan puasa selama 1 bulan penuh dengan sekuat tenaga, dengan segala kemampuan kita untuk menahan segala hawa nafsu baik jasmani maupun rohani.

Di bawah ini adalah kata maaf atas segala dosa dan kesalahan kita:
1.      kata maaf istri kepada suaminya
“di hari yang fitri ini, ibu minta maaf kepada bapak, yang selama ini, ibu sering melukai hati bapak, dengan masak tidak enak, yang selalu minta ini itu kepada bapak secara berlebhan di batas kemampuan bapak, sedangkan ibu tahu bapak sudah bekerja keras demi ibu dan anak-anak, maafkan ibu Pak, minal aidin walfaizin, mohon maaf lahir dan batin”
2.      kata maaf suami kepada istrinya
“bu, istriku yang cantik, ibu yang bapak saying, di hari yang fitrah ini, bapak minta maaf kepada ibu dan anak-anak, yang selama ini bapak tidak bias membahagiakan ibu dan anak-anak, apa yang ibu pinta dan anak-anak inginkan, apak tidak bias menunaikannya. Karena bapak hanyalah pegawai biasa, bapak seenarnya ingin memenuhi apa yang ibu dan anak-anak inginkan, akan tetapi tidak bias. Maafkan bapak yang telah kasar kepada ibu, yang pernah menurunkan tangan ini ke wajah ibu, maafkan bapak Bu…maaf lahir batin…”
3.      kata maaf anak kepada orang tuanya
“Ma-Pa, maafkan saya, yang selama ini saya selalu tidak menuruti apa yang Mama dan Papa suruh, nasehat Mama dan Papa selalu saja saya abaikan, hingga akhirnya saya mendapatkan apa yang Mama dan Papa tidak inginkan, saya menyesal Ma, saya menyesal Pa… maafkan anakmu ini, saya tidak akan mengulangi lagi kesalahan yang lalu, tapi kini nasi sudah jadi bubur, saya hamil Ma, Pa… Maafkan aku….”  
4.      kata maaf teman kepada temannya
“To, maafkan aku, yang selama ini aku telah menyakiti hatimu, yang selama ini aku telah menghinamu, aku menyesal karena melakukan semua itu kepadamu, aku melakukan itu kepadamu, karena aku iri kepadamu, karena kamu selalu disukai oleh wanita atau cewek-cewek cantik, maafkan aku To, mohon maaf lahir dan batin, To…” 
5.      kata maaf siswa atau murid atas dosa kepada gurunya
“Pak, saya minta maaf kepada bapak, yang selama ini saya telah menyakiti hati bapak, setiap kali kita jumpa, saya selalu menghindar dari bapak, karena saya malu kepada bapak, sebenarnya saya ada hati kepada bapak, saya mencintai bapak, saya malu untuk mengatakannya, karena teman-temanku selalu memperolok aku, jadi selama ini, bapak jadi marah kepadaku, maafkan aku pak, mohon maaf lahir dan batin”
6.      kata maaf guru kepada bapak kepala sekolah
“Bapak kepala Sekolah yang kami hormati, dalam kesempatan ini, di hari yang mulia ini, atas nama kawan-kwan dewan guru, kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya, yang selama ini andaikan terdapat kata atau perbuatan kami yang salah, yang tidak dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya, yang mungkin diantara kami ada yang dating terlambat, tidak upacara, dan lain sebagainya, kami mohon maaf, Pak…. Maafkan kami semua ………. Mohon maaf lahir dan batin”
7.      kata maaf pacar kepada pacarnya
“Yang, maafkan Abang ya, Abang selama ini tidak dapat memenuhi janji Abang, yang selama ini Abang jarang ngapel di rumah adik, bukan Abang sengaja, sebenarnya Abang sibuk cari pacar lagi, Abang telah enyelingkuhi kamu, maafkan ya…. Mohon maaf lahir dan batin….Minal aidin Wal Faizin”

Nah, itulah ia kata minta maaf atas dosa atau kesalahan di hari raya Idul Fitri yang dirahmati oleh Allah SWT. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...