Senin, 01 Juni 2015

Defenisi Sya’ban


Defenisi Sya’ban

sumber fhoto: gapuraluhur.com
Defenisi Sya’ban ini berasal dari bahasa Arab. “Sya’ban”, sya’ban adalah bulan kedelapan dalam penanggalan hijriyah atau kalender hijriyah. Kata dari Sya'ban ini bermakna “pemisahan”, disebut “pemisah” karena masyarakat atau penduduk Arab Pagan selalu berpencar dan berpisah pada bulan Sya’ban ini untuk mencari air. Jadi defenisi dari bulan Sya’ban ini adalah bulan kedelapan dalam penanggalan hijriyah atau kalender hijriyah yang bermakna “pemisah”.

Apakah kita mengetahui bahwa pada Sya’ban ini banyak sekali peristiwa yang bersejarah? Mungkin kita tidak mengetahuinya sama sekali. Dengan ini perlu kita ketahui bahwa Pada bulan Sya’ban ini banyak sekali terjadi peristiwa-peristiwa yang bersejarah bagi umat Islam. Dengan mengetahui peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut, akan dapat memunculkan rasa kecintaan kita kepada bulan Sya’ban dan agama kita sendiri (Islam agama rahmatan lilalamin). Peristiwa-peristiwa penting itu ialah sebagai berikut:     

  1. 01 Syakban, kelahiran Zainab binti ‘Ali.
  2. 03 Syakban, kelahiran Imam Syiah, Husain bin ‘Ali.
  3. 04 Syakban, kelahiran ‘Abbas bin ‘Ali.
  4. 05 Syakban, kelahiran Imam Syiah ‘Ali ibn Husain.
  5. 05 Syakban, kematian Hazrat Fizza, tangan-gadis (Qaneez) dari Fatimah.
  6. 07 Syakban, kelahiran Qasim bin Hasan.
  7. 08 Syakban 1484 AH, kematian Khwaja Abdul Ghaffar naqsybandi alias Pir Mitha.
  8. 11 Syakban, kelahiran ‘Ali al-Akbar.
  9. 15 Syakban, malam doa yang dikenal sebagai Lailatul al-Baraat diamati oleh Muslim.
  10. 15 Syakban, kelahiran Dua Belas Imam yang terakhir, Muhammad al-Mahdi.
  11. 22 Syakban 1314 AH, kematian Khwaja Muhammad Usman Damani, beliau merupakan seorang guru Sufi dari tradisi Naqshbandi.
  12. 27 Syakban 1313 AH, Kelahiran Sayyad Laal Shah Hamdani, seorang syekh Naqshbandi yang sangat terkemuka.

Itulah dua belas peristiwa penting di bulan Sya’ban yang mulia ini. Setelah bulan Sya’ban ini kita akan dijumpakan lagi dengan bulan yang paling mulia yaitu bulan yang penuh rahmah, berkah, dan nikmah serta segalanya, yaitu bulan Ramadhan. “marhaban ya Ramadhan-marhaban ya Ramadhan-marhaban ya Ramadhan”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...