Selasa, 30 Juni 2015

Cara Menghilangkan Rasa Lapar Disaat Puasa

Cara Menghilangkan Rasa Lapar Disaat Puasa. Saat ini kita telah melaksanakan ibadah puasa, kita puasa dari pagi hingga sore menahan lapar dan dahaga. Apalagi cuaca yang panas ini, rasa haus menyelimuti pikiran kita untuk segera minum air kelapa atau air cincau. Rasa dahaganya semakin memuncak, begitu juga rasa laparnya pada saat siang hari. Apalagi membayangkan makanan yang lezat-lezat di atas meja sisa sahur semalam, misalnya ayam goring, sup, air cincau atau air kelapa, dan banyak lagi yang lainnya. Lalu bagaimana cara untuk menghilangkan rasa lapar disaat puasa tersebut?

Nah, ingin tahu bagaimana caranya agar tidak lapar saat berpuasa?

1.      Makan sahur saat mendekati waktu imsak. Misalnya seperempat atau setengah jam sebelum imsak. Makan sahur saat mendekati waktu imsak ini juga menjadi salah satu sunnah dalam berpuasa.
2.      Gunakan menu sahur yang lengkap, yaitu nasi, lauk, dan sayur. Untuk menambah tenaga terutama bila aktifitas Anda sangat padat boleh-boleh saja mengonsumsi suplemen asal tidak berlebihan.
3.      Lengkapi menu sahur sekeluarga dengan segelas susu atau teh manis. Tapi, khusus untuk teh manis, batasi jumlahnya. Terlalu banyak teh manis akan membuat anda lebih sering buang air kecil. Jangan lupa minum air putih dalam jumlah yang cukup saat sahur.
4.      Pilihlah makanan-makanan yang bertahan lama dilambung agar asupan energi selama berpuasa bisa terpenuhi. Untuk itu, perbanyaklah sayuran dan makanan-makanan kaya karbohidrat seprti kacang-kacangan yang bisa mengikat air yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa.
5.      Untuk menambah nafsu makan, hangatkan hidangan sebelum disantap atau bila sempat, hidangkan makanan yang baru dimasak.
6.      Walau makanan yang dimakan pada saat sahur merupakan sumber energi saat berpuasa, bukan berarti porsinya harus banyak. Asal jumlahnya cukup, Anda tidak akan kelaparan selama berpuasa.
7.      Hindari makanan yang berbumbu terlalu menyengat atau pedas.
Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam menjalankan ibadah puasa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...