Selasa, 30 Juni 2015

7 Cara menghilangkan lapar disaat puasa: Sugianto, S.Pd.I bukan Ustaz

Puasa pastinya lapar dan dahaga. Karena selama sehari penuh kita menahan rasa lapar dan dahaga tersebut. Mengapa kita harus puasa? Agar kita dapat merasakan lapar dan dahaganya orang-orang miskin yang kadang 2-3 hari tidak mendapatkan makanan ataupun minuman. Bukan hanya sekedar perintah berdasarkan surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183). Dibawah ini terdapat tujuh cara untuk mengatasi rasa lapar dan dahaga pada saat puasa baik puasa ramadhan ataupun puasa sunnat, diantaranya ialah:

1.      nonton
2.      cari kesibukan
a.       kerja
b.      belajar
c.       memancing
3.      jalan-jalan (ngabuburit)
4.      membaca
a.       quran (ngaji)
b.      buku (cerita agama/apa saja)
5.      tidur
6.      menyiapkan makan untuk berbuka
7.      ngumpul bareng teman (ngobrol)

Kemudian ada trik lain dalam mengatasi cara menghilangkan lapar disaat puasa tersebut, yaitu trik disaat berbuka puasa. Adapun trik atau cara pada saat berbuka puasa tersebut ialah sebagai berikut:

1.      Segeralah berbuka agar gula darah yang berkurang selama berpuasa bisa segera tergantikan. Tapi, hindari porsi makan yang berlebihan dan tidak perlu berupa makanan berat yang lengkap.
2.      Hindari lapar mata dengan langsung menyantap semua hidangan yang ada di meja. Sesuai sunnah rasul, tiga butir kurma ditambah segelas air putih sudah cukup untuk mengakhiri puasa anda. Dengan begitu, pencernaan anda tidak akan kaget karena langsung dipaksa bekerja keras setelah beristirahat selama beberapa belas jam.
3.      Hindari langsung memakan makanan pembuka yang terlalu manis dan berlemak, seperti tape uli, yang bisa membuat perut anda “kaget”
4.      Hindari pula langsung meminum minuman dingin saat berbuka agar anda tidak mudah terserang radang tenggorokan. Lebih baik awali saja dengan meminum minuman hangat sebelum makan makanan berat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...