Sabtu, 23 Mei 2015

Syarat sah puasa ramadhan

Syarat sah puasa ramadhan


Syarat sah puasa ramadhan itu ada tiga, diantaranya ialah;
1.      Islam.
Yang dimaksud dengan Islam adalah hanyalah orang-orang Islam yang beriman yang dapat melaksanakan puasa. Berapa banyak orang Islam di dunia ini? Dan berapa banyak pula orang Islam yang puasa ataupun yang tidak puasa? Oleh sebab itulah Allah swt. berfirman dalam surah Al-Baqarah ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183). Hanya orang Islam dan orang Islam yang beriman yang diperintahkan untuk berpuasa.      
2.      Mumayiz.
Mumayiz artinya orang yang dapat membedakan mana hal yang baik dengan hal-hal yang tidak baik. Misalnya judi, zina, mencuri, menabung, sedekah, infak, apakah itu bagus atau buruk. Jika sudah dapat membedakan itu semua, maka sudah wajiblah ia untuk berpuasa. Jika dikategorikan ke usia, paling tidak usia 7 tahun. Untuk mendidik anak sudah sejak dinilah diajari untuk berpuasa, meskipun itu hanyasetengah hari.
3.      Suci dari haid dan nifas.
Suci dari haid dan nifas. Haid mengeluarkan darah dari kemaluan (perempuan) atau mentruasi, maka hendaknyalah bersegera mandi jika haidnya atau nifasnya sudah berhenti. Sedangkan yang dimaksud dengan nifas adalah darah yang masih keluar habis melahirkan, paling tidak 40 hari dari masa pertama melahirkan.
4.      Sudah memasuki bulan ramadhan.
Sudah memasuki bulan ramadhan yang telag ditetapkan oleh Majelis Ulama. Jika kita mendahului dari yang ditetapkan oleh majelis Umala, hukumnya makruh. Tapi, jika kita lihat di negara kita ini, banyak sekali persi-persinya, ada yang satu hari mendahului, ada yang belum, ataupun dua hari mendahului. Jika kita orang awam, ikuti saja pemerintah (ulilamri) dan ulama yang ada di Indonesia.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...