Sabtu, 23 Mei 2015

Orang Yang Diwajibkan Puasa

Orang Yang Diwajibkan Puasa


Orang yang diwajibkan puasa itu ada empat jenis, namun sebelumnya Allah swt telah memerintahkan kepada orang yang beriman untuk melakukan puasa sebagaimana firmannya dalam surah Albaqarah ayat 183 yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah: 183).

Orang yang diwajibka puasa yaitu:
1.      Muslim,
2.      Sudah aqil baliqh,
3.      Berakal sehat,
4.      Mampu berpuasa,
Perlu kita ketahui, bahwa sebenarnya dengan berpuasa itu kita bisa sehat. Sebagaimana bunyi sebuah hadis “sumu tasbihu” yang artinya “berpuasalah kamu supaya sehat”. Puasa itu tidak merugikan akan tetapi menyehatkan. Perintah puasa itu hanya kepada orang-orang yang beriman, tidak kepadasemua manusia. Maka sudah barang tentulah yang beriman saja yang melaksanakan puasa. Orang yang tidak beriman ia tidak melakukan puasa. Bayangkan, hewan saja berpuasa, misalnya ayam, ular, burung dan lain-lainnya.

Semoga amal ibadah kita pada bulan ini diterima oleh Allah swt. dan akan diberikan pahala yang berlipat ganda banyaknya. Dan pula, kita mati akan masuk surga (insya Allah).  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...