Rabu, 20 Mei 2015

Kultum Subuh malam ke 1 "Kemuliaan Ulama"


Kultum Subuh malam ke satu Kemuliaan Ulama

Para Jama’ah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah swt. Marilah kita senantiasa meningkatkan ketaqwaan kita dengan senantiasa mengikuti ajaran-ajaran Ulama, pewaris Nabi. Ulama ibarat lampu yang dapat menerangi kegelapan. Seandainya tidak ada Ulama, pastilah manusia hidup dalam kegelapan, kesesatan dan bergelimang dengan dosa. Mereka yang kaya menguasai yang miskin, dan yang kuat menguasai yang lemah dengan tanpa memperdulikan rasa perikemanusiaan. Itu semua bisa terjadi manakala bimbingan Ulama sudah tidak tergubris lagi.

Keadaan seperti ini dapat kita buktikan dalam sejarah di zaman jahiliyyah. Banyak dari mereka disaat itu yang berbuat diluar kewajaran, seperti sering terjadi bunuh membunuh hanya karena ta’assub kesukaan, mereka merasa malu mempunyai anak perempuan, sehingga tidak sedikit yang tega membunuhnya, dengan anggapan bahwa anak perempuan itu tidak membawa keberuntungan, tetapi malah menambah beban. Dan masih banyak lagi kebathilan-kebathilan yang mereka lakukan. Keadaan seperti ini berlangsung terus hingga Agama Islam datang. Agama yang dibawa oleh Muhammad Rasulullah saw. maka barulah semenjak saat itu keadaan menjadi berubah, kegelapan semakin sirna berganti kecemerlangan, dari yang jelek menjadi baik, dan seterusnya.

Saudara-saudara kaum muslimin yang berbahagia. Rasulullah saw. bersabda yang artinya “Ulama itu sebagai lampu-lampu di bumi, sebagai pengganti para nabi, mereka adalah pewarisku dan pewaris para nabi.” (Al-Hadits).

Dari kesemuanya ini cukup jelas, bahwa Ulama itu amat vital fungsi dan posisinya bagi kehidupan umat. Mereka adalah pewaris nabi yang bertanggung jawab kepada Allah. Dengan tanggungjawabnya itu mereka berani berkata benar kepada siapa saja dan di mana saja, apapun resiko yang mesti mereka hadapi. Karena semua itu adalah tugas utamanya, yaitu “amar ma’ruf nahi mungkar”. Karena itu marilah kita menghormati Ulama dengan mengikuti tuntunan mereka dan memenuhi nasehat-nasehat mereka, agar kita hidup selamat dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...