Jumat, 20 Mei 2016

Kultum Subuh malam ke 9 "Hak Asasi Manusia"


Para Jama’ah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah swt., bertaqwalah kalian kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, baik disaat kalian sedang bersembunyi seorang diri ataupun sedang berada bersama-sama orang lain.

Saudara-saudara kaum muslimin yang berbahagia. Sesungguhnya Allah swt. telah memuliakan manusia, anak Adam di atas makhluk-makhluk lain. Ia dicitakan oleh tangan-Nya, ke dalannya ditiupkan roh-Nya dan malaikat-malaikat-Nya diperintahkan bersujud kepadanya setelah disempurnakan kejadiannya. Untuk manusialah Allah menundukkan apa yang ada dilangit dan apa yang ada dibumi, dan diantara makhluk-makhluk-Nya, manusialah yang ditunjuk untuk menjadi khalifah-Nya, di atas bumi-Nya, agar menguasainya, mengaturnya dan memanfaatkan apa yang ada di dalam dan di atasnya guna mencapai kesempurnaan materil dan spiritual.

Allah swt. telah menciptakan manusia sebagai makhluk utama-Nya yang ditugaskannya untuk menjadi khalifah-Nya di atas bumi-Nya telah memberinya beberapa kewajiban yang setimpal agar terjamin keharmonisan hidupnya sehingga dapat melaksanakan misinya di atas bumi dengan dan sesuai berdasarkan perintah Allah yang telah mentaqdirkannya.

Diantara hak-hak azasi yang oleh islam bagi tiap-tiap individu, ialah hak hidup, hak milik dan hak mempertahankan kehormatan. Hak-hak mana wajib dihormati dan diakuinya sebagai milik yang tidak dapat diganggu gugat dari tiap orang apapun warna kulitnya, dibagian dunia manapun tanah airnya dan dari keturunan apapun asalnya.

Allah swt. berfirman yang artinya “Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan. Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah kami ciptakan.” (Al-Isra’: 70).

Rasulullah saw. juga bersabda, yang artinya “Hai orang-orang, sesungguhnya nyawamu dan harta milikmu, adalah haram bagimu (untuk saling merenggutnya dan merampasnya sebagaimana kehormatan harimu ini dalam bulanmu ini dinegerimu ini. Ya Allah, saksikanlah bahwa aku telah menyampaikan (risalah-Mu). Diharamkan atas tiap muslim mengganggu nyawa milik dan kehormatan sesama muslimnya.

Para jama’ah, hak hidup adalah suatu hak suci yang menurut Islam harus dilindungi dan dihormati. Tidak boleh diganggu dan dilanggarnya, kecuali dalam keadaan dan dengan alasan yang benar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...