Selasa, 26 Mei 2015

Kultum Subuh malam ke 27 “Keutamaan Lailatul Qadar”



Kultum Subuh malam ke 27 “Keutamaan Lailatul Qadar”

Saudara-saudara kaum Muslimin yang berbahagia,marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah swt. Di dalam semua keadaan baik itu berbaring (tidur), berdiri (usaha), atau pun duduk (istirahat). Selalu mensyukuri segala yang telah dianugrahkan Allah kepada kita, diantaranya puasa dan beribadah di dalam bulan ini, yang telah diutamakan dan dimuliakan oleh Allah Azzawajalla. Dan menjadikan sepuluh hari terakhir lebih utama dari sebulan. Dan dari sepuluh hari terakhir ini pula Allah mengistimewakan satu malam yang lebih baik dari ibadah seribu bulan dimalam-malam yang lain.

Yaitu malam yang diagungkan dan diutamakan oleh Allah swt. Di malam itu Allah swt. menurunkan pahala zikir yang sangat besar menurunkan Al-Quran yang memberi petunjuk kepada manusia, dan penjelasan-penjelasannya mengenai petunjuk itu dan pembeda antara yang hak dan yang batil. Oleh karena itu orang yang bahagia adalah orang yang mau menjarah semua malam itu, ia mengerti nilainya, lalu ia langsung beribadah sesuai dengan kepastiannya, melindungi puasanya dari kesalahan dan ucapan yang kotor. Dan ia juga menjarah (mengintai) semua waktunya dengan sedekah dan berbuat kebaikan, kebagusan dan membaca Al-Quran, istirfar dan zikir. 

Barang siapa yang tekun beribadah di malam itu dengan iman dan niat karena Allah swt., maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lampau. Dan barang siapa yang pongah-pongah (gurau-gurau) di malam itu, maka benar-benar tertutup kebaikan yang banyak baginya, termasuklah ia orang-orang yang rugi (merugi).

Allah swt. berfirman dalam Al-Quran surah Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya “(1). Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan*. (2). dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? (3). malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (4). pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. (5). malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 1-5).
Keterangan* Malam kemuliaan dikenal dalam bahasa Indonesia dengan malam Lailatul Qadr Yaitu suatu malam yang penuh kemuliaan, kebesaran, karena pada malam itu permulaan turunnya Al Quran.

Berdasarkan firman Allah swt. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa, beramallah kita sebanyak-banyaknya pada malam Lailatul Qadar itu, akan tetapi kapan malam lailatul Qadar itu? Menurut riwayat malam Lailatul Qadar itu terjadi pada malam sepuluh terakhir bulan Ramadhan, yaitu pada malam-malam ganjil yang tidak kita ketahui kapan itu terjadi, apakah pada malam 21, 23, 25, 27, atau pun pada malam 29. maka dari itulah kita harus mengintai malam Lailatul Qadar pada malam-malam tersebut dengan beriktikap di masjid dan sebagainya. Semoga kita mendapatkan malam Lailatul Qadar yang mulia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...