Kamis, 21 Mei 2015

Kultum Subuh malam ke 17 “Akhlaq yang Jahat Tanda Iman yang Lemah”


Kultum Subuh malam ke 17 “Akhlaq yang Jahat Tanda Iman yang Lemah”

Para Jama’ah yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah swt. Kuat dan lemahnya iman seseorang dapat diukur dan diketahui dari perilaku akhlaqnya. Karena iman yang kuat mewujudkan akhlaq yang baik dan mulia, sedangkan iman yang lemah mewujudkan akhlaq yang jahat dan berperilaku sangat buruk, mudah terkilir pada perbuatan keji yang merugikan dirinya sendiri dan orang lain.

Allah swt dalam firmanNya yang termaktub dalam kitab suci Al-Quran banyak menyeru manusia untuk berbuat baik dan melarang berbuat jahat, sebagaimana tuntunan iman dan taqwa kepadaNya, yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At-Taubah: 119).

Dan perhatikan pula sabda Rasulullah saw. dalam menilai keadaan orang yang lemah imannya, yang diwujudkan dalam bentuk perilaku yang buruk dan jahat, diantaranya digambarkan oleh Nabi, orang yang tidak punya rasa malu dalam melakukan perbuatan keji dan hina, dan suka mengganggu tetangganya. Yang artinya “Rasa malu dan iman itu sebenarnya terpadu menjadi satu, maka bila mana lenyap salah satunya hilang pulalah yang lainnya.” (Muttafaq ‘alaih).

Berdasarkan dua dalil nagli di atas, dapat disimpulkan bahwa, jika iman seseorang lemah, maka ia akan dapat tergoda oleh setan, dan jika ia sudah tergoda oleh setan, maka ia akan melakukan segala tindak kejahatan ataupun berbuat yang tidak baik (tidak senonoh), dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kita selalu terhindar dari perbuatan keji dan mungkar, dan pula semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt. dunia akhirat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...