Kamis, 21 Mei 2015

Kultum Subuh malam ke 11 "Keutamaan Berpuasa Enam Hari di Bulan Syawal dan Halal Bihalal"


Kultum Subuh malam ke 11 Keutamaan Berpuasa Enam Hari di Bulan Syawal dan Halal Bihalal

Para Jama’ah sholat subuh yang berbahagia dan dirahmati Allah swt. marilah kita senantiasa bertaqwa kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, baik dalam keadaan ramai ataupun sepi, dalam keadaan suka maupun duka. Dalam keadaan melamun atau menghayal, dalam kedaan berbaring atau berjalan, dan lain sebagainya. Karena sesungguhnya taqwa dapat menjaga diri kita dari siksa api neraka. Dan marilah kita senantiasa berlaku seperti perilaku orang saleh zaman dahulu dan orang-orang suci yang bersih hatinya lagi terpilih di sisi Allah.   Para Nabi, (termasuk Nabi Muhammad saw) dan para sahabat beliau (Nabi Muhammad saw) itu adalah orang-orang yang selalu berhati-hati di dalam segala hal, tidak ceroboh sehinga setiap perbuatan yang dilakukannya tidak menyimpang dari ketentuan-ketentuan Allah. Mereka senantiasa mewarnai kehidupannya dengan taqwa. 

Bulan Ramadhan adalah bulan kebaktian, kebajikan dan ampunan. Bulan tersebut baru beranjak masuk dan kita akan menyaksikan orang-orang yang beramal di dalamnya. Untuk itu, teruskanlah melakukan amal-amal kebaikan, kumpulkanlah bekal untuk akherat kita di setiap waktu, dan tambahkanlah apa-apa yang mungkin terlewat dalam beramal kebaikan oleh sebab kelalaian dari kita sendiri. Barang siapa menanam kebaikan maka ia akan memperoleh kesudahan yang terpuji.

Pada kesempatan kali ini, sesungguhnya berpuasa enam hari  di bulan Syawal adalah sunnah yang ditetapkan oleh Rasulullah saw. dalam sabdanya yang artinya “barang siapa berpuasa Ramadhan, kemudian mengikutinya dengan enam hari dibulan Syawal, maka pahalanya bagaikan berpuasa setahun penuh.”

Seluruh kebaikan yang dilakukan pada bulan Ramadhan dilipatgandakan sepuluh kali pahalanya oleh Allah swt. Demikian pula halnya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, pahalanya hampir menyamai bilangan satu tahun puasa. Oleh karena itu, berusahalah sekuat tenaga untuk meraih keutamaan ini dengan melakukan puasa enam hari di bulan Syawal, niscaya kita akan memperoleh pahala yang sempurna dan agung dari Allah swt.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...