Rabu, 27 Mei 2015

Artikel kumpulan doa perpisahan


Artikel kumpulan doa perpisahan
Artikel kumpulan doa perpisahan dan Contoh teks pembacaan do’a perpisahan mahasiswa dalam PPL (Praktek Pelatihan Lapangan). Biasanya PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa pada semester ke 7 atau delapan. PPL ini diambil untuk menyelesaikan tugas lapangan, misalnya di sekolah atau di masyakarat yang disebut KKM (kuliah kerja mahasiswa). Ketika kita PPL itu harus dilakukan dengan semangat. Apapun yang disuruh atau diperintahkan oleh guru atau senior harus kita lakukan. Karena nilai mereka yang kasih (beri). PPL ini yang ingin penulis sampaikan adalah ketika mahasiswa PPL di sekolah. Berarti mahasiswa tersebut calon guru, apakah ia guru Olahraga, PKN, Matematika, IPS, SAINS, Agama Islam ataupun Seni Budaya. Setiap pagi mahasiswa yang PPL itu harus dating awal-awal dan jangan lupa untuk mengisi absent serta beres-beres kantor. Jika tidak kita lakukan, mungkin kita akan ditegur oleh guru-guru yang ada dikantor.

Setelah beberapa bulan melakukan PPL disekolah tersebut (SMA Negeri 10 Singkawang; misalnya), pastinya akan melakukan perpisahan. Dalam acara perpisahan tersebut pasti akan ada pembacaan doa. Pembacaan doa tersebut paling tidak dari mahasiswa. Namun sebelum pembacaan doa, mahasiswa pasti menyediakan makan atau minuman ala kadarnya sebagai wujud ucapan terima kasih dan dalam rangka perpisahan. Misalnya bakso, mie goring atau sate. Jika ada diantara guru-guru yang beragama lain, misalnya Hindu atau Budha yang vegetarian. Maka boleh juga dipesankan makanan vegetarian buat guru tersebut.

Contoh do’a yang dibaca pada saat perpisahan PPL tersebut adalah;
A’uzubilahiminas-saytonirrozim, Bismillahirohmanirrohim, Allahumma sholli ala saydina muhammadin, wa ala alihi wasyohbihi wasallim, wabarik ala saydina Muhammad, wa ala alihi saydina Muhammad, ammabak…
Ya Allah, kami bersyukur kepadaMu, karena pada hari ini kami dapat berkumpul di ruangan SMA Negeri 10 Singkawang ini, dalam rangka perpisahan PPL kami mahasiswa STIT Syarif Abdurrahman Singkawang untuk tahun pelajaran 2014/2015.
Ya Allah, ampunkanlah kami, ampunkanlah dosa-dosa kami, dosa kedua orang tua kami, dosa guru-guru kami, dosa pemimpin-pemimpin kami. Ya Allah, terima kasih kami ucapkan kepadaMu, kami bersyukur kepadaMu atas segala rahmat, nikmat dan inayahMu serta hidayahMu kepada kami semua. Terima kasih atas kesehatan yang telah Kau berikan kepada kami.
Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami jalan yang lurus dan jalan yang Engkau redhoi. Bimbinglah kami Ya Allah, agar kami semua menjadi manusia yang berguna bagi agama, bangsa dan negara. Ya Allah, berilah ketabahan kepada guru-guru kami yang tidak pernah jemu untuk membina dan membimbing kami agar kami semua menjadi manusia harapan negara. Ya Allah, sesunguhnya kami lemah, maka berilah kami kekuatan untuk menghadapi segala cobaan dariMu.
Ya Allah, berilah kekuatan kepada guru-guru kami agar mereka dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dengan tanpa lelah dan mengeluh serta putus asa dalam menghadapi adik-adik kami yang nakal dan bandel. Mereka yang sering melawan atau membantah apa yang diperintahkan oleh guru-guru kami.
Ya Allah, tambahkanlah ilmuMu kepada kami semua, khususnya kepada adik-adik kami, agar mereka manut dan paham akan perkataan guru-guru kami. Agar mereka mudah dan mengerti dalam menerima pelajaran yang mereka pelajari. Amin ya Rabbal alamin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...