Doa mustajabah

Doa Mustajabah, sebelum membahas doa mustajabah. Penulis akan menjelaskan sedikit dari pengertian do’a. Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya. Sedangkan sikap khusyu’ dan tadharru’ dalam menghadapkan diri kepada-Nya merupakan hakikat pernyataan seorang hamba yang sedang mengharapkan tercapainya sesuatu yang dimohonkan. Itulah pengertian doa secara syar’i yang sebenanya. Doa merupakan senjata mukmin yang paling ampuh, karena doa merupakan permohonan atau permintaan seorang hamba kepada seorang Khalik. Sedangkan arti dari mustajabah atau mustajab adalah terkabul do'a. maka nama mustajab ini sangat baik sekali untuk nama anak, nama perusahaan, nama merek produk, nama tempat, dan lain sebagainya. 

Ada beberapa keutamaan yang akan kita dapatkan dalam berdoa, diantaranya ialah:  
1.      Allah menyertai hamba-Nya yang berdoa. Nabi Muhammad SAW., telah bersabda Sesungguhnya Allah SWT., telah berfirman: “Aku selalu dalam persangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku selalu bersamanya ketika ia berdoa kepada-Ku” (HR. Bukhori Muslim dari Abu Huroiroh ra).  
2.      Doa senjata orang mukmin. Nabi Muhammad SAW., telah bersabda “Doa adalah senjata orang mukmin, dan tiang agama, serta cahaya langit dan bumi” (HR. Hakim dari Ali bin Abi Tholib ra.).
3.      Doa datangkan keselamatan. Nabi Muhammad SAW., telah bersabda “Janganlah engkau merasa lemah untuk berdoa, sebab sesungguhnya tidak seorang pun yang binasa selama ia tetap berdoa” (HR. Ibnu Hiban dan Hakim dari Anas ra.).  
4.      Doa menolak bencana, dan menolak tipu daya musuh. Nabi Muhammad SAW., telah bersabda “Doa berguna terhadap apa saja yang telah menimpa seseorang, dan hal-hal yang belum turun kepadanya. Sesungguhnya bencana pasti akan turun, dan akan ditemui oleh, doa. Lalu keduanya selalu bersaingan sampai hari kiamat” (HR. Bazaar dan Thobroni dari Aisyah ra.) Maksudnya, bencana senantiasa mengintai manusia, dan semua itu dapat ditolak hanya dengan doa.  

Ada beberapa orang yang doanya diijabah oleh Allah SWT., diantaranya ialah:
1.      Doa seorang muslim yang berdoa bagi saudaranya sesama muslim dari kejauhan.
2.      Doa orang yang terdzalimi/teraniaya. 
3.      Doa seorang musafir.
4.      Doa orang tua untuk anaknya.
5.      Doa anak yang saleh untuk kedua orang tuanya.
6.      Doa orang yang sedang berpuasa sampai berbuka.

Dan masih banyak lagi doa-doa yang diijabah oleh Allah SWT.

Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours