Februari 2015

Contoh Sambutan Tuan Rumah Pesta Ulang Tahun
Contoh Sambutan Tuan Rumah Pesta Ulang Tahun

contoh kata sambutan untuk ultah anak

Bismillahirohmanirrohim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarkatuh…
Yang saya hormati Ibu-ibu para undangan, bapak-bapak para undangan yang berbahagia, serta adik-adik yang saya cintai.

Sebelumnya marilah kita bersama-sama mengucapkan puji dan syukur kita kehadirat Allah swt. yang mana atas rahmat dan inayahnya jualah kita dapat berkumpul di rumah bapak Sugianto, S.Pd.I ini, dalam rangka ulang tahunnya yang ke 36.

Pada kesempatan kali ini, atas nama tuan rumah, saya mengucapkan terima kasih atas kedatangan ibu-ibu serta teman-teman dari Abang kami yaitu Sugianto, S.Pd.I serta bapak-bapak kepala Sekolah se Benua Sei Kelambu Kecamatan Tebas yang dirahmati oleh Allah SWT., semuanya. Meskipun hari ini dengan cuaca yang agak sedikit rintik, bapak/ibu sudi untuk dating atau hadir ke rumah Abang Sugianto, S.Pd.I ini. Terima kasih bapak/ibu sekalian.

Bapak-Ibu para undangan serta Adik-adik semua, sebelum acara ulang tahun Abang Sugianto, S.Pd.I kita laksanakan, kita membaca do’a dulu ya…. Untuk pembacaan do’a dipimpin oleh Bapak H. Tegah, “tolong Pak Haji, do’akan abang kami biar cepat dapat jodoh, cepat kawin, cepat sukses, cepat kaya, cepat beli atau buat rumah besar, rumah gedongan, biar ia cepat bawa ceweknya ke rumahnya. Doakan juga abang kami agar sehat, kuat, menghadapi cobaan yang diberikan oleh Allah SWT. kepada-nya. Agar usahanya, bisnisnya sukses, lancer, agar orang yang disayanginya menjadi iliknya seutuhnya, selaanya, dari sekarang hingga akhir hayatnya. Tolong juga pak haji, doakan abang kami agar sembuh dari sakitnya, agar abang kami tidak lagi dihina, dicaci atau dipandang sebelah mata oleh orang-orang apalagi oleh cewek-cewek cantik. Semoga abang kami sukses dan kaya raya serta dermawan, rumahnya gedongan, istrinya cantik dan saleha serta muda. Amin ya rabbal alamin” Kepada Pak Haji Tegah, dipersilakan.

…………………………(membaca do’a)……………………………….
Setelah membaca do’a

Terima kasih kami ucapkan kepada pak haji tegah yang sudah membaca do’a.
Setelah membaca do’a selesai, barulah kita bernyanyi, apa lagunya? (lagu ulang tahun). Setelah semuanya selesai…………………bubar,,,,,,,,,,,,,,,,,,,selamat ulang tahun abangku
Nah, begitulah acara ulang tahun Abangku “Sugianto, S.Pd.I” akhir kata wasalamualaikum warahmatullahi wabar katuh.




Novel Surat Cinta Dari Surga Jilid 37
Sugianto, S.Pd.I
berseliweran di telingaku. Karena aku lupa untuk memasang kelambu saking ngantuknya aku.
Malam belum juga hening, karena suara jangkrik bersahut-sahutan seolah-olah mereka sedang menyakikan aku yang tertidur pulas. Burung hantu juga ikut ambil bagian dalam meninabobokan aku. Mereka menyanyikan berbagai macam lagu hingga membuat merinding bulu roma apabila mendengarnya. Selain itu, sang katak menambahkan musik intrumentalnya yang merdu agar aku semakin pulas. Udara malam semakin dingin, tubuhku semakin bulat seperti kucing yang sedang tidur. Semua orang di rumahku semuanya sudah tertidur pulas dengan mimpinya masing-masing.
Malam semakin larut, keheningan malam sudah mulai terasa. Kini tidak ada lagi suara burung hantu yang bernyanyi atau suara sang katak yang bermain musik intrumental. Jangkrik-jangkrik juga sudah capek untuk memetikkan jemarinya. Mungkin mereka semuanya juga lagi istirahat atau lagi pacaran dikeheningan malam ini. Burung-burung hantu pasti lagi pacaran dipohon yang rindang di depan rumahku.
Kini, semuanya tidur sudah, semuanya larut dalam mimpi yang malaikat hembuskan dibenak mereka. Begitu juga aku yang semakin membulat bagaikan trenggiling karena dinginnya udara malam di desaku. Setelah malam ini, esok atau lusa aku tidak tahu apa yang akan terjadi lagi. Biarlah Tuhan di atas sana yang mengaturnya, aku pasrah saja dengan keputusan Tuhan Yang Maha Kuasa.     

Ketemu lagi epesod 2 hal berikutnya.................................

Surat Cinta Dari Surga
Epesod 2



Ketemu lagi epesod 2 hal berikutnya.................................

Surat Cinta Dari Surga
Epesod 2



Novel Surat Cinta Dari Surga Jilid 36
Sugianto, S.Pd.I
Novel Surat Cinta Dari Surga Jilid 36

 “Kata yang tak Pasti”

Malam hanya diam
Bintang hanya mampu tersenyum
Sedangkan jangkrik mentertawakanku
Yang sedang bingung sendirian

Ucapmu membahagiakanku
Lafazmu membesarkan hatiku
Aku senang
Aku bahagia

Namun, apakah itu hanya sebuah ungkapan saja
Sebuah kata yang sengaja kau rangkai
Untuk membuat aku senang
Sebuah kata yang tak pasti

Apakah kedua orang tuamu tahu
Akankah merestui
Semua itu pasti hanya sia-sia
Semua itu hanya kata yang lewat saja buatku

Selesai sudah kurangkai puisiku. Aku sebenarnya bingung juga dengan permintaan Dewi itu, apakah itu hanya sebuah gurauan atau sungguh-sungguh. Karena aku tahu dengan keadaanku saat ini. Aku merebahkan tubuhku di kasurku yang empuk sebanding dengan tumpukan kardus. Mataku semakin berat, semakin berat, dan terlelaplah aku. Aku bagaikan dihipnotis oleh sang master hipnotis Romi Rafel atau Dedy Courbuzeir. Aku tertidur pulas sekali, tidak lagi terdengar pesawat-pesawat (nyamuk) yang

Sugianto, S.Pd.I
Menurut Islam Mengapa Wanita Banyak Masuk Neraka, Ketika terjadi proses belajar mengajar di SMA Negeri 10 Singkawang, salah seorang murid bertanya kepada guru agamanya yaitu Bapak Sugianto, S.Pd.I. murid itu bernama Suci, ia bertanya kepada gurunya tentang “mengapa wanita atau perempuan banyak masuk neraka?”

Bapak itu menjawab:
“Wanita atau perempuan banyak masuk neraka karena wanita lebih banyak dari pria yang disebabkan oleh beberapa paktor, diantaranya; keluar rumah tidak permisi kepada suami, tidak menutup aurat, tidak menjaga kehormatannya (selingkuh) ketika suami kerja, mengambil uang suami tanpa permisi, tidak patuh kepada nasehat suami, selalu engkar kepada suami, suka menggosipkan tetangga, atau menceritakan kekurangan di rajang atau dapur, marah pada mertua atau orang tuanya”.

Murid itu kembali bertanya, “mengapa perempuan diciptakan lebih banyak dari laki-laki?”.

Bapak itu menjawab:
“agar laki-laki tidak berkelahi karena wanita atau perempuan, dan agar laki-laki mendapatkan pasangannya masing-masing. Karena semua yang diciptakan di muka bumi ini berpasang-pasangan. Sebagaimana firman Allah swt dalam Al-Quran surah Asy-Syuura ayat 11 yang artinya “(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat (QS. Asy- Syuura: 11). Dan banyak lagi surah atau ayat yang lainnya. Nah, yang sudah banyak perempuan diciptakan pun, banyak laki-laki yang berkelahi hanya gara-gara wanita dan banyak pula laki-laki yang tidak mempunyai jodoh hingga ke mati. Dan semua itu pun ada sejarahnya. Itulah sebabnya mengapa wanita lebih banyak masuk neraka ketimbang laki-laki”.

Murid itu pun menganguk-angguk tanda mengerti atau mungkin lagi bingung. Yang penting bapak itu sudah menjelaskan apa adanya sesuai dengan pertanyaan muridnya. Semoga bermanfaat ………  


Sugianto, S.Pd. I
Menurut Islam Wanita Banyak Masuk Neraka, Allah swt menciptakan semua makhluknya di muka bumi ini serba berpasang-pasangan sesuai dengan firmannya surah Annisa ayat 1 yang artinya “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya[263] Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain[264], dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu (QS. An-Nisaa’: 1).

Keterangan: [263] Maksud dari padanya menurut jumhur mufassirin ialah dari bagian tubuh (tulang rusuk) Adam a.s. berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan Muslim. di samping itu ada pula yang menafsirkan dari padanya ialah dari unsur yang serupa Yakni tanah yang dari padanya Adam a.s. diciptakan.
[264] Menurut kebiasaan orang Arab, apabila mereka menanyakan sesuatu atau memintanya kepada orang lain mereka mengucapkan nama Allah seperti :As aluka billah artinya saya bertanya atau meminta kepadamu dengan nama Allah.

Dan lihat pula surah Asy-Syuura ayat 11 yang artinya “(Dia) Pencipta langit dan bumi. Dia menjadikan bagi kamu dari jenis kamu sendiri pasangan-pasangan dan dari jenis binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak dengan jalan itu. Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dia-lah yang Maha Mendengar dan Melihat (QS. Asy- Syuura: 11). Dan banyak lagi surah atau ayat yang lainnya.

Kembali kepada judul di atas, menurut Islam banyak wanita yang akan masuk neraka. Mengapa demikian? Disebutkan di dalam salah satu hadits, bahwa penghuni neraka yang terbanyak adalah dari kalangan perempuan. “...orang-orang ahli neraka telah diperintahkan masuk neraka maka ketika saya berdiri di dekat pintu neraka tiba-tiba kudapatkan kebanyakan yang masuk ke dalamnya adalah orang-orang perempuan”. Sabda Rasulullah SAW.

Berdasarkan hadits di atas, bahwa nantinya yang banyak masuk neraka adalah perempuan atau wanita. Alasannya adalah karena perempuan lebih banyak dari laki-laki. Sekarang saja untuk Indonesia berdasarkan sensus penduduk 1 banding 7 (1 laki-laki, 7 perempuan). Mengapa Allah menciptakan perempuan lebih banyak dari laki-laki? Alasanya secara ilmiah adalah karena laki-laki bias menghamili 100 wanita, sedangkan wanita tanpa seorang laki-laki tiada artinya, yang kedua adalah agar laki-laki itu tidak berkelahi hanya gara-gara wanita. (sedangkan yang sudah banyak itupun, laki-laki sering memperebutkan wanita, memang dasar laki-laki ya), yang ketiga adalah agar laki-laki semuanya kebagian jodoh, semuanya kawin. Kan perempuannya ebih banyak dari laki-laki. Tapi mengapa masih ada laki-laki atau perempuan yang tidak kawin hingga ke mati? Mungkin karena sudah takdirnya. Seperti penulis belum juga kawin. Alas an berikutnya adalah karena wanita adalah perhiasan yang paling indah di dunia ini.

Itulah alasannya mengapa wanita banyak masuk neraka, sebab-sebab lain banyak ya……


Sugianto, S.Pd.I
adakah UFO Menurut Islam, benda yang diciptakan oleh Allah di muka bumi ini adalah sebagai karunia dari-Nya buat makhluk-Nya. Benda di dunia ini sangat banyak sekali macam dan jenisnya. Ada yang bernama benda padat, benda cair, atau gas. Ada yang bisa dilihat dengan mata telanjang dan ada pula yang tidak. Begitu banyak sekali tentang benda, maka manusia menciptakan benda baru, misalnya mobil, pesawat, motor, dan lain sebagainya. Semua itu demi kebutuhan manusia itu sendiri. Selain dari manusia apakah ada makhluk lain yang membutuhkan mobil, motor atau pesawat?

Kita ambil contoh, misalnya hewan, apakah ia membutuhkan pesawat atau motor untuk jalan-jalan? Atau pula tumbuhan memerlukan sepeda atau lori untuk ke pasar. Tentunya tidak bukan? Membicarakan hal benda tersebut, penulis menggaris bawahi dalam hal pesawat. Selama ini yang kita ketahui bahwa yang membutuhkan pesawat adalah manusia. Tidak ada makhluk lain yang menggunakan pesawat sebagai alat tranfortasi udara atau pesawat tempur (perang).   

Lalu, bagaimana yang banyak orang ketahui tentang UFO? Apa itu UFO? Dan dari mana datangnya? Benda Terbang Aneh (disingkat BETA; identik dengan makna dari istilah bahasa Inggris. Unidentified Flying Object disingkat UFO) atau sering kali disebut sebagai benda terbang tak dikenal adalah istilah yang digunakan untuk seluruh fenomena penampakan benda terbang yang tidak bisa diidentikasikan oleh pengamat dan tetap tidak teridentifikasi walaupun telah diselidiki.

Lalu milik siapa UFO ini? Kita lihat dari sudut pandang Islam, bahwa UFO ini adalah pesawatnya Jin. Karena mereka (JIN) lebih tua dari manusia, lagi pula umur mereka panjang-panjang, mungkin ada umurnya Jin yang sudah mencapai ribuan tahun. 

Teknologinya Jin lebih canggih lagi dari manusia itu sendiri, manusia pada zaman dahulu lebih hebat dari manusia yang sekarang ini. Kita (manusia) zaman sekarang hanya meneruskan dan mengembangkan apa-apa yang dibuat oleh manusia pada zaman dahulu. Masih banyak rahasia manusia zaman dahulu yang masih belum bias kita ungkap. Begitu halnya dengan UFO yang masih pro dan kontra. Akan tetpi jika dilihat dengan sudut pandang agama Islam, bahwa UFO ini adalah pesawatnya “Jin”.

Sugianto, S.Pd.I
Surga Menurut Islam, Segala amal yang kita lakukan di dunia ini akan selalu dibalas oleh Allah swt. Meskipun amal itu hanya sebesar zarrah (debu). Semua itu sudah termaktub di dalam Al-Quran surah An-Nisaa’ ayat 40 yang artinya “Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrahdan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar[298]”.
Keterangannya: [298]. Maksudnya: Allah tidak akan mengurangi pahala orang-orang yang mengerjakan kebajikan walaupun sebesar zarrah, bahkan kalau dia berbuat baik pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah.

Arti atau makna dari kata Sorga (atau bisajuga surga) menurut bahasa Sanskerta atau dengan nama lain “kayangan”. Sedangkan Yang dimaksudkan dengan “kayangan” adalah suatu tempat di alam akhirat yang dipercaya oleh para penganut beberapa agama sebagai tempat berkumpulnya roh-roh manusia yang semasa hidup di dunia berbuat kebajikan sesuai ajaran agamanya.
Sedangkan nama-nama surga serta tingkatan nya ialah:  1). Jannatul Firdaus yaitu sorga yang terbuat dari emas merah. 2). Jannatul ‘Adn yaitu sorga yang terbuat dari intan putih. 3). Jannatun Naiim yaitu sorga yang terbuat dari perak putih. 4). Jannatun Khuldi yaitu sorga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning. 5). Darus Salam Ma’wa yaitu sorga yang terbuat dari zabarjud hijau. 6). Darus salam yaitu sorga yang terbuat dari yaqut merah. 7.Darul Jalal yaitu sorga yang terbuat dari mutiara putih. 8. Darul Qarar yaitu sorga yang terbuat dari emas merah.

Selamat menikmati……………..

Sugianto, S.Pd.I
Selingkuh Menurut Islam, Semua orang di dunia ini sudah ada pasangannya masing-masing, apakah ia tua atau muda pasangannya. Apakah satu atau dua pasangannya, yang disebut dengan “madu”. Siapa sih di dunia ini (perempuan) yang mau dimadu oleh suaminya? Apakah anda wanita salah satunya yang mau dimadu oleh sang suami tercinta? Apakah kita mau atau sudi berbagi cinta dan kasih sayang dengan orang lain? Tentunya tidak bukan?

Setelah menjalin cinta sekian lama, anak sudah tiga, gaji sudah besar, rumah sudah gedongan, istri juga tidak kalah cantik dengan istri orang. Mobil juga sudah ada, motor dua atau tiga buah di rumah dengan berbagai tive atau merek (honda atau yamaha). Tapi rasanya masih ada yang kurang, apa ya? Istri yang kedua. Istri yang kedua dan muda, pasti bagus bukan?

Tiap malam keluar malam, istri tidak tahu sang suami pergi ke mana, dia bilang kerumah teman atau urusan bisnis, ternyata main dengan gadis lain, yang disebut PIL (Perempuan Idaman Lain). Sekarang orang bilang selingkuh (selingan keluarga utuh). Selingkuh itu mungkin terasa enak, senang, dan bahagia, jika tidak ketahuan oleh sang istri. Jika ketahuan maka akan terjadi perang dunia ke tiga.

Selingkuh sering diartikan seperti 1). suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri; tidak berterus terang; tidak jujur; curang; serong; 2). suka menggelapkan uang; korup; 3). suka menyeleweng. Biasanya orang yang selingkuh ini dapat dilihat dari pakaiannya yang mulai rapi, necis, wangi, aksi dan gaya, macho, menjaga ponsel agar tetap selalu ditangan, apabila hp berbunyi cepat-cepat menghindar ke atas atau ketempat lain agar tidak ketahuan oleh pasangan, melindungi hp dengan paswood, membuat komentar yang menyakitkan pasangan, berbicara tentang seseorang yang istimewa di depan kita, bertindak aneh, tidak mempunyai nafsu untuk sek sama kita, karena dia sudah ada Pil (pria atau Perempuan idaman lain).

Maka dari itu jagalah pasangan anda dari selingkuh. Lalu bagaimana Islam melihatnya? Selingkuh itu tidak baik, haram hukumnya. Karena kita ada istri atau suami yang masih saying kepada kita, lebih baik poligami daripada selingkuh. Meskipun itu sakit, tapi siapa sih yang mau ya jika di madu. Lebih baik ceraikan saja aku daripada di madu.


Novel Surat Cinta Dari Surga Jilid 35

 “Dimana aku menaruhnya ya”, ucap hati kecilku.
“Jangan-jangan dicuri tikus atau kucing”, tambahku sambil menengok (melihat) ke kolong kamarku.
“Tapi, tak mungkin”, imbuhku pula.
“Ini, pasti ada yang ngambil ni, biasanya kusimpan di sini. Di rak bajuku atau dirak bukuku. Tapi ini kok tidak ada”, hati kecilku berkata-kata.
“Adikku kali ni”, suara hatiku bicara sambil keluar kamar menemui adikku Norma.
“De’. Kamu ada tidak ngambil diary Abang?”, tanyaku padanya.
“Ada! Tu di meja”, jawabnya santai sambil menunjuk ke arah meja depan.
“Ehhhhh.....”, ucapku sambil mengambil diaryku.
“Esok-esok punya Abang tu jangan diganggu De’! Jika mau pinjam minta izin dulu pada Abang. Tidak baik ngambil barang orang tanpa minta izin terlebih dahulu”, kata ibuku menasehatinya. 
“Iya, Bu. Dede’ hanya mau lihat puisinya kok. Puisinya bagus-bagus semua. Semuanya kisah cinta. Entah buat siapa. Buat Kak Cik Dewi ya Bang”, kata adikku lagi.
“Anak kecil mau tau aja!”, jawabku kepada adikku sambil aku menuju kamarku.
Ibuku mencolek adikku Norma. Kemudian adikku berbaring di samping ibuku.
“Jangan melamun Bang...!”, ledek adikku yang nomor empat yaitu Norlia. Keempat adikku tertawa kecil.
Setibanya di kamar, aku langsung menulis sebuah puisi. Puisi itu aku ciptakan sesuai dengan kejadian barusan. Ketika aku mendapatkan ilham untuk menulis puisi dengan segera aku tulis sebelum ilham itu akan pergi meninggalkanku. Puisi itu aku beri judul dengan: “kata yang tak pasti”. 


Novel Surat Cinta Dari Surga Jilid 34

akan menambah beban kepada Bang Anto”, kata Mudassir memberikan pengertian kepada adiknya Dewi.
Dewi hanya diam dan tertunduk lesu bagaikan tidak bermaya. Beberapa menit kemudian, Dewi bangkit berajak mengemaskan peralatan sholatnya.
“Mau ke mana, Wi?”, tanyaku.
“Pulang!”, jawabnya singkat, dan terus menuju pintu musholla.
“Tidak sholat Isya lagi, kan sebentar lagi sholat Isya akan masuk”, tambahku sambil berdiri mencoba mendekatinya ke depan pintu.
“Tak apalah Dewi pulang dulu, Bang”, kata Dewi segera meninggalkanku.
Entah apa perasaan Dewi saat itu, aku pun tidak mengerti. Tidak lama kemudian azan sholat Isya pun tiba. Kali ini yang menjadi imam adalah aku. Setelah azan atau iqamah, tanpa ragu atau kecut aku memimpin sholat Isya berjamaah. Aku sudah terbiasa menjadi imam begitu juga dengan temanku Mudassir.
Malam itu cuaca bagus sekali. Langit tampak cerah, bintang-bintang bertaburan dilangit seumpama bidadari menaburkan batu permata. Begitu juga dengan para bidadara di kayangan, seolah-olah mereka lagi main kelereng atau gundu. Tidak lama kemudia sholatpun selesai, para jamaah saling salaman dan terus pulang menuju rumahnya masing-masing, begitu juga dengan aku dan Mudassir.
“Sampai jumpa esok, Sir”, ucapku pada Mudassir ketika kami pulang yang berlawanan arah. Ia menuju ke arah timur, sedangkan aku ke sebelah barat. Setibanya di rumah aku langsung makan. Setelah makan aku langsung menuju kamarku. Sedangkan keempat adikku dan orang tuaku lagi asik ngobrol. Aku mencari buku diaryku yang usang itu. Aku lupa menaruhnya di mana. Ku cari ke tempat bajuku, tidak ada. Kucari di bawah tempat tidurku, tidak ada. Aku terdiam sejenak sambil menempelkan jari telunjukku di jidat. 


Novel Surat Cinta Dari Surga Jilid 33

Biasanya yang menjadi imam pada sholat Magrib tersebut adalah aku, temanku (Mudassir), dan Pak Haji Tegah (H. Basuni). Tapi kali ini bukan aku yang menjadi imam, melainkan Pak H. Basuni. Karena aku dan Mudassir datangnya agak terlambat. 
Anak-anak sekolah dasar dan orang tua di lingkungan RT-ku ramai juga yang sholat. Tapi, kadang-kadang juga hanya lima atau enam orang yang datang sholat. Iqomah pun berkumandang, Mudassir yang iqomah. Sholat Magrib berjamaah pun dimulai. tidak lama kemudian sholat pun selesai. Setelah selesai sholat anak-anak mengaji yang diajari oleh H. Basuni atau Ibu Asnik. Sedangkan aku sedang berbicara dengan Mudassir mengenai hal agama. Tiba-tiba Dewi datang menghampiri kami. Ia duduk diantara aku dan abangnya. Dan ia pun berkata kepadaku.
“Bang, ajarin Dewi ngaji donk!”, pinta Dewi kepadaku sambil menatap ke arahku.
Aku menoleh ke arah Mudassir. Mudassir hanya diam sambil memutar-mutarkan tasbihnya (berwirid).
“Bagaimana ya, Abang tidak tau ni”, jawabku agak bingung antara mau dan takut.
“Coba Dewi tanya Angahnya, pa diizinkan atau tidak?”, pintaku pada Dewi.
“Ngah, boleh ya...!”, pinta Dewi membujuk Abangnya sambil menggenggam kedua tangan Mudassir. Abangnya hanya diam membisu. Mungkin abangnya juga bingung, apa yang harus ia lakukan. Apabila diizinkan ia akan dimarah oleh kedua orang tuanya. Jika tidak Dewi akan menangis atau dia tidak enak kepadaku. Akan tetapi aku tahu apa keputusannya.
“Nanti ajalah ngajinya, nanti bilang dulu sama ibu atau bapak. Mereka kan harus tau juga. Nanti kamu akan merepotkan Bang Anto saja. Kamu

Pantun Pramuka Lucu

Pantun pramuka lucu. Pantun pramuka yang lucu sangat bagus sekali jika dibacakan pada saat kita melaksanakan pertandingan di Gugus Depan atau pada acara kecamatan atau pula di kabupaten. Mungkin dalam pelaksanaan LT 1, LT 2, LT 3, dan LT 4. Di bawah ini penulis sajikan pantun pramuka jenaka yang lucu. Lihat dan bacalah mudah-mudahan adik-adik penggalang Ramu, Penggalang Rakit dan Penggalang Terap, serta Penegak bantara dan Penegak Laksana (jika ada), mudah-mudahan kalian suka akan pantun itu. Dalam rangka menghadapi pramuka di Cibubur nantinya yang setiap tahunnya diadakan oleh panitia penyelenggara nasional. Adik-adik penggalang atau adik-adik penegak, dalam pelaksanaan kegiatan ke pramukaan di gudepnya masing-masing, kadang-kadang sebelum pelatihan mengadakan tepuk-tepukkan. Yang mungkin apabila ada yang salah dalam hal tepukkan atau terlambat, maka akan dikenakan sanksi atau hukuman. Hukuman itu berupa menyanyi, menari, merayu, pantun, membaca puisi, dan lain sebagainya.

Dibawah ini penulis sajikan beberapabuah pantun jenaka yang lucu (mudah-mudahan) terkenang dan lucu, atau apalah, bagi adik-adik pramuka yang ada di Gugus Depannya. Karena adik-adik harus berani ketika disanksi oleh pembina atau panitia. Pantun pramuka yang lucu tersebut ialah sebagai berikut: 

  1. ada gula ada semut, langkah kakimu macam semut.
  2. malam minggu bawa perabot, gerak jalanmu macam robot.
  3. cike-cike,
muke-muke,
cike-muke,
pi kali api-api,
pi kali api-api,
sa su wa, sa su wa, ha...
  1. anak itik dimakan itik,
anak ayam dimakan ayam,
anak jelatik dimakan jelatik,
kala malam jangan malam.
  1. ada orang bercerita
sungai sambas kenajiran
jika kamu pengen kaya
jangan lupa traktir kami semua
  1. jangan suka makan mentimun
mentimun itu banyak getahnya
siapa suruh duduk melamun
duduk melamun susahnya apa
  1. ada gula ada semut, ada cowk ada cewek, kalau tidak ada gula-pasti tidak ada semut, jika tidak ada cowok-pasti tidak ada cewek
  2. jangan suka tidur molor, nanti kamu kehabisan kolor.
Nah, adik-adik pramuka, itulah sepuluh pantun jenaka pramuka yang sedikit agak lucu ataupun tidak nyambung. Tapi tidak apalah .... dari pada tidak ada sama sekali. Mudah-mudahan bermanfaat ya...



Pantun Cap Go Meh 2015

Pantun Cap Go Meh 2015. Pantun Cap Go Meh 2015 ini merupakan pantun yang dibuat penulis pada saat akan menyambut hari Cap Go Meh pada saat Tahun Baru Cina atau “Gong Xi Fa Chai”. Pantun Cap Go Meh “Tahun baru Cina” ini sengaja penulis buat untuk kita semua lebih khususnya umat konghucu atau masyarakat Cna untuk saling berkirim SMS. Mungkin pantun ini dapat membantu menyegarkan suasana hari raya Imlek pada tahun kambing ini atau pada saat cap go meh 2015.

Pantun Cap Go Meh 2015

Jalan-jalan ke rumah si Memeh
Hanya membeli seikat buah naga
Saya ucapkan Selamat Menyambut Cap Go Meh
Tahun baru imlek yang istimewa

Jika kita ke toko Fatimeh
Jangan lupa membeli pepaya
Mari kita meriahkan hari Cap Go Meh
Datangkan turis dari seluruh dunia

Air limau dibeli hanyalah satu
Orang rebutan banyak yang nyelenneh
Banyak sinsang berdatangan dari segala penjuru
Demi memeriahkan hari Cap Go Meh

Pohon rambutan berbuah lebat
Enak dimakan sambil ngumpul          
Sinsangnya banyak yang hebat-hebat
Besi yang tajam menjadi tumpul

Sinsang dipikul keliling kota
Jalan-jalan membawa dupa
Jangan dekat-dekat nanti bahaya
Jika terluka tidak ada asuransinya

Jika malam telah tiba
Mainkan mercun hingga ke pagi
Jika Cap Go Meh telah tiba
Jangan nonton sendiri

Jalan-jalan sama keluarga
Nonton Cap Go Meh di Pekong Tua
Selesai nonton makan bersama
Jangan lupa berbagi rezeki pada saudara

Ada miskin ada kaya
Ada cantik ada jelek
Senang sekali nonton Cap Go Meh bersama
Hari ini hari imlek

Hari raya imlek banyak hujan
Sana-sini jadi banjir
Jia hari tidak hujan
Bagaimana rezeki hendak mengalir


Nah, itulah beberapa contoh dari pantun Cap Go Meh tahun dua ribu lima belas yang dapat penulis sajikan kehadapan pemirsa semuanya yag ada di dunia maya. Semoga artikel penulis bermanfaat buat kita semuanya. Amin ya rabbal Alaminnnn..................


Kata Sambutan Pembukaan Perkemahan Pramuka Penegak 

Kata Sambutan Pembukaan Perkemahan Pramuka Penegak. Bismillahirohmanirrohim, Assalamulaikum warahmatullahi wabarkatuh, Selamat Pagi dan Salam Sejahtera buat kita semua....
Salam Pramuka, Salam Pramuka, Salam Pramuka,

Yang terhormat Bapak Camat Singkawang Barat atau yang mewakili
Bapak KORAMIL Kecamatan Singkawang Barat.
Bapak Kepala Dinas Kota Singkawang atau yang mewakili.
Bapak Muspika dan Muspida Kecamatan Singkawang Barat.
Kakak Kamabigus SMA se Kota Singkawang, atau yang mewakili.
Kakak-Kakak Pembina Gugus Depan dan Kakak Pembina Damping SMA Se Kota Singkawang.
Kakak-kakak Panitia dari Saka Bayangkara dan Saka Bakti Husada, Saka Wira Kartika Kota Singkawang.
Serta seluruh adik-adik Penegak Se Kota Singkawang yang kami cintai.

Sebelumnya marilah kita mengucapkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas berkah dan rahmat-Nya jualah kami dapat melaksanakan acara “Ulang Tahun Gudep SMA Negeri 10 Singkawang yang ke 6 kalinya”. Dengan memperingati ulang tahun gudep kami ini, kami mengundang seluruh Gugus Depan tingkat SMA yang ada di Kota Singkawang baik negeri maupun swasta. Dengan melihat hasil data yang saya terima, bahwa jumlah peserta sebanyak .... orang. Dan pula berdasarkan data ini untuk adik-adik Penegak Putra sebanyak .... orang, sedangkan untuk jumlah Penegak Putri sebanyak .... orang. Dan dihadiri oleh .... sekolah atau Gugus Depan yang ada di Kota Singkawang.   

Para Undangan serta adik-adik Penegak yang berbahagia. Kami atas nama tuan rumah atau penyelenggaran mengucapkan terima kasih kepada Kakak KaMabigus serta Kakak-kakak Pembina Gugus Depan SMA se Kota Singkawang yang mana telah sudi memenuhi undangan kami. Dalam kesempatan ini pula saya mengucapkan terima kasih kepada adik-adik saka, baik Saka Bakti Husada maupun adik-adik Saka Bhayangkara serta Saka Wira Kartika yang telah sudi membantu kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 10 Singkawang ini dalam rangka Ulath Gudep SMA Negeri 10 Singkawang yang ke 6.  

Adik-adik Penegak, kegiatan perkemahan ini kita laksanakan selama 2 malam 3 hari, mulai dariJum’at sore ini dan pulangnya Minggu sore jam 16.00 wiba. Kegiatan perkemahan ini, dengan banyaknya kegiatan yang telah dibuat oleh Panitia. Maka dari itu, ikutilah kegiatan lomba ini dengan baik, dan benar serta jujur. Dan pula, kami mengharapkan kepada Kakak Panitia, jangan ada unsur kekerasan atau ajang balas dendam dalam kegiatan pramuka kali ini terhadap adik-adik penenegak. Karena semua itu melanggar kode etik kepramukaan. Dan jangan lupa untuk berdo’a pada yang Kuasa, agar kita semua sehat dari awal hingga akhir acara, serta dapat membawa piala ke Gudepnya masing-masing.

Cuma itu yang dapat saya sampaikan, lebih kurangnya saya mohon maaf, “Pak Taufiq pakai kopih. Jalan ke sawah ambil lakum berwarna merah, wabillahi taufiq walhidayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabar katuhhhh”
Setelah itu disesuaikan saja, semoga bermanfaat Ya......................................