Kamis, 22 Januari 2015

Soekarno Hatta Pahlawan Proklamator


Soekarno Hatta Pahlawan Proklamator 

id.wikipedia.org
Pahlawan Proklamator Indonesia sebagaimana yang kita ketahui hanyalah dua orang, yaitu Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Moh. Hatta. Bapak Ir. Soekarno dan Bapak Moh. Hatta sangat banyak berjasa bagi Negara Indonesia yang tercintai ini. Dan pula tidak lupa penulis ucapkan banyak terima kasih kepada beliau-beliau dan pahlawan Indonesia yang lainnya, begitu juga buat Bapak Presiden Soeharto. Bapak Pahlawan Proklamator Indonesia adalah yang telah membacakan naskah Proklamasi Kemerdekaan Negara Indonesia ini di Jalan Pegangsaan Timur Nomor: 56 Jakarta. Beliau (Ir. Soekarno-Moh. Hatta) mengatasnamakan bangsa Indonesia. Apa maksudnya? Tiada lain semua rakyat Indonesia ingin merdeka dan bebas dari penjajahan bangsa asing, yaitu bangsa Jepang ataupun Belanda.
Selain Pahlawan Proklamator, ada juga yang namanya Pahlawan Nasional, Pahlawan Kemerdekaan Indonesia, ada juga Pahlawan Reformasi, atau pula Pahlawan Kesiangan. Sekarang sangat susah untuk mencari jiwa-jiwa atau orang-orang atau pemuda-pemuda yang berjiwa pahlawan seperti pahlawan-pahlawan kemerdekaan. Sekarang yang banyak hanyalah pahlawan kesiangan. Cari nama, cari uang, peras keringat banting tulang rakyat kecil, mengatasnamakan program pemerintah. Sepertinya mereka tidak menghargai jerih payah pahlawan Proklamator dan pahlawan-pahlawan yang lainnya. Selain sebagai pahlawan proklamator, Ir. Soekarno dan Moh. Hatta juga banyak berjasa dalam bidang pemerintahan dan kemajuan Indonesia serta bekerjasama dengan negara lain di dunia. Mereka juga merupakan tokoh pemuda yang bersemangat waja demi kemerdekaan Indonesia ini. Mereka mencanangkan kemerdekaan Indonesia bersama dengan tokoh-tokoh yang lainnya. 
buahatiku.com

Defenisi dari Pahlawan Proklamator adalah pahlawan yang telah membacakan Proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta. Mereka itu tiada lain adalah Ir. Soekarno dan Moh. Hatta. Karena mereka membacakan naskah proklamasi itulah akhirnya mereka disebut dengan “Pahlawan Proklamator Indonesia”. Indonesia juga mempunyai “Pahlawan Nasional, Pahlawan Pembela Kemerdekaan Republik Indonesia, Pahlawan Pergerakan Nasional Indonesia, Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Pahlawan Kemerdekaan Nasional, dan Pahlawan Revolusi, serta Pahlawan Reformasi (baru-baru ini, menurut kepercayaan sebagai orang). Kemudian ada yang namanya pejuang lain selain pahlawan Proklamator, yaitu pahlawan kecil (orang-orang kampung yang menjadi pahlawan yang dipercayai oleh masyarakat pendukungnya. Mereka juga berjuang mempertahankan tanah air Indonesia, dikampung halaman mereka, yang disebut sebagai veteran. Yaitu “Nama-nama Legium Veteran atau Pejuang Kemerdekan Republik Indonesia Kelaskaran Kampung Sekadim tahun 1945 – 1949 Kecamatan Tebas Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, Nama-Nama Pahlawan Pejuang Kemerdekan Republik Indonesia Kabupaten Sambas Kalimantan Barat (1925 – 1949), Nama-nama Legium Veteran atau Pejuang Kemerdekan Republik Indonesia Kelaskaran. Kecamatan Pemangkat tahun 1940 – 1949 Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, Nama-Nama Pahlawan Pejuang Kemerdekan Republik Indonesia Kalimantan Barat, Nama-nama Legium Veteran atau Pejuang Kemerdekan Republik Indonesia Kelaskaran Kecamatan Sejangkung tahun 1940 – 1949 Kabupaten Sambas Kalimantan Barat”. Semuanya mati (gugur) berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kita selaku penerus generasi bangsa, ayo bersemangat pahlawan dan hargailah jasa-jasa mereka.   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...