Rabu, 28 Januari 2015

Cara Memasak Bekicot


Cara Memasak Bekicot

Artikel kali ini akan membahas “Cara memasak bekicot”, atau cara membuat sate bekicot. Bekicot dalam bahasa daerah Kabupaten Sambas disebut dengan ingkuyung babi atau belungkin. Sebelum kita membahas “bagaimana memasak bekicot”, penulis akan menggambarkan bahwa bekicot itu mengandung protein yang amat tinggi. Bekicot yang baik dan bermutu menjadi kualitas ekspor hingga ke Jepang. Bekicot atau achatina fulica adalah siput darat yang tergolong dalam suku Achatinidae. Bekicot ini jika kemana-mana selalu saja membawa rumahnya. Jika rumahnya atau cangkangnya rusak, maka kesehatan bekicot akan terganggu, bisa-bisa bekicotnya mati.

Cara memasak bekicot akan penulis sajikan, di bawah ini akan Bekicot atau disebut dengan ingkuyung babi hidup di alam terbuka dan bebas. Begitu juga dengan siput biasa. Biasanya siput atau bekicot ini sukanya di kebun-kebun, atau di sawah. Jika musim banjir atau musim penghujan seperti ini banyak sekali bekicot yang keluar dari sarangnya untuk menhelematkan diri dari banjir. Ia memanjat apa saja yang bisa dipanjatnya. Setelah kita mendapatkan bekicot tersebut, mungkin kita akan memasakanya. Jika musim ini (hujan-banjir), biasanya penulis mencari bekicot untuk dimakan dibuat sebagai makanan siang atau sate. Sebelum bekicot dibuat sate atau sambal, maka akan penulis sajikan bagaimana cara memasak bekicot. Cara memasak bekicot adalah sebagai berikut:
  
1.      Pertama-tama, Bekicot atau keong (siput), dibasuh atau dicuci dengan air bersih.
2.      setelah itu keong atau bekicot direbus hingga matang.
3.      Setelah matang, diangkat dan di pisahkan antara isi dan cangkangnya dengan menggunakan jarum atau peniti, agar mudah untuk mengeluarkan daging dari cangkangnya.
4.      setelah terpisah isi dari cangkangnya, kemudian, isinya diberi cuka secukupnya untuk membuang lendir yang ada pada bekicot atau siput.
5.      Kemudian bersihkan isinya hingga bersih dengan air hujan atau air bersih.
6.      Setelah bersih, bekicot dipotong kecil-kecil pada bagian depan. Sedangkan bagian pantat (ekor) dibuang, karena itu tempat menyimpan kotoran.
7.      Setelah semuanya selesai, maka bekicot diberi bumbu sesuai selera (garam, mecin, kunyit secukupnya) kemudian bisa langsung digoreng. Bisa juga dibuat sate, dan lain-lainnya.

Nah, begitulah cara memasak bekicot hingga menjadi sate atau sambal goreng. Bekicot atau sifut ini juga bermanfaat untuk obat asma, sebagaimana yang dikatakan oleh nara sumber kami yaitu saudara Sugianto, S.Pd.I yang telah lama mengkonsumsi bekicot tersebut. Setelah saudara Sugianto, S.Pd.I rutin mengkonsumsi bekicot setiap hari, dengan izin Allah sakit asmanya secara beransur-ansur sembuh. Hingga saat ini Sugianto sudah sembuh karena mengkonsumsi bekicot. Semua yang Allah ciptakan di dunia ini adalah bermanfaat, termasuklah bekicot tersebut. Dan pula bekicot itu adalah penyebab, yang menyembuhkan tiada lain adalah Allah SWT. Selamat mencoba, jika kurang jelas, dapat menghubungi kami. Read more: http://www.cakrawawasan.com/2013/05/cara-membuat-bekicot-ingkuiyong-babi_16.html#ixzz3Q1q7fAYc

Bekicot di luar negeri dikenal dengan nama eccargots, terutama di Perancis. Orang perancis dan orang Jepang sangat menyukai masakan dengan bahan baku siput atau bekicot. Bekicot ini enak sekali bila disate atau dibuat sambal goreng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...