Tugas Kualiah PAUD Jilid 4

VI.   Rencana Usaha

1.    Mengapa seorang pembisnis atau seorang pengusaha harus membuat rencana usaha?
Jawabannya: karena membuat rencana usaha adalah sesuatu keharusan. Kemampuan pengusaha dalam membuat rencana usaha yang baik dan sesuai latar belakang yang nyata, bisa dijadikan ukuran bagaimana siapnya pengusaha tersebut untuk mulai terjun kedunia usaha untuk siap menghadapi persaingan usaha yang berat dan penuh segala macam resiko.

2.    Apakah yang dimaksud dengan dunia bisnis?
Jawanannya: yang dimaksud dengan dunia bisnis adalah dunia yang penuh risiko, dan keberanian mengambil resiko menjadi modal pertama.

3.    Apakah yang dimaksud dengan perencanaan usaha?
Jawabannya: yang dimaksud dengan perencanaan usaha ialah suatu proses penentuan Visi, Misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha atau bisnis tertentu.

4.    Apakah manfaat dari perencanaan usaha?
Jawabannya: manfaat dari perencanaan usaha adalah pekerjaan sesuai dengan sasaran, PEKERJAAN dan aktifitas usaha dapat dilakukan secara teratur dan dengan tujuan yang jelas. MENGHINDARI pekerjaan atau aktifitas yang tidak produktif serta penggunaan sumber daya yang lebih efisien. MENYEDIAKAN alat evaluasi untuk menentukan keberhasilan usaha. Serta MENYEDIAKAN landasan untuk pengawasan dan upaya perbaikan.

5.    Apakah perencanaan usaha mempunyai sifat?
Jawabannya: perencanaan usaha sebenarnya mempunyai sifat secara umumnya. Sifat  perencanaan usaha secara umum yaitu fokus, rasional dan faktual, serta berkesinabungan dan estimasi, prepare dan fleksibel, dan operasional. Yang dimaksud dengan FOKUS, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan visi, misi tertentu serta dengan tujuan yang jelas sehingga kita bisa fokus untuk mencapai tujuan. Sedangkan yang dimaksud dengan RASIONAL DAN FAKTUAL, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistik, berorientasi masa depan serta didukung dengan fakta-fakta yang ada. BERKESINABUNGAN DAN ESTIMASI, artinya perencanaan usaha dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang berkelanjutan serta perkiraan perkiraan tentang kondisi di masa depan. PREPARE DAN FLEKSIBEL, artinya perencanaan usaha dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi. Dan OPERASIONAL, artinya perencanaan usaha dibuat sesederhana mungkin, namun rinci, serta dapat dilaksanakan.



Share To:

ANTS EDUCATION

Post A Comment:

0 comments so far,add yours